The Goal Getter

Do Your Best or Nothing; No Pain No Gain; No Change No Future…

Review singkat TP-Link TL-WA5110G vs TL-WA5210G

Posted by Niyamabrata pada Oktober 18, 2010

TP-Link sudah mengeluarkan produk baru akses point dengan power terbesar di jajaran produknya yakni sebesar 600 mW. Produknya ini dinamai TL-WA5210G yang merupakan adik dari akses point TP-Link high power TL-WA5110G. Saya sebagai pengguna produk TP-Link tentu penasaran banget dengan adiknya ini karena sebelumnya saya pemakai dan fans berat dengan TL-WA5110G.

Sebelumnya, TL-WA5110G ini adalah akses point yang lumayan handal dengan power sebesar 400mW dan harga yang sangat amat terjangkau yakni sekitar Rp. 260.000,-. Produk yang harga murah banget ini memiliki kualitas yang bisa dibilang sekelas dengan akses point EnGenius yang saat ini harganya masih 1 juta-an (saya sudah bandingkan hasilnya dilapangan-detailnya ada kalo mau). Mungkin karena ini dan juga harga yg oke banget, produk ini jadi laku keras sehingga dikeluarkan adiknya yang baru.

Untuk menghilangkan rasa penasaran, langsung aja trial, beli 1 biji di alnect.com (shopping online tentunya!). pagi dipesan , sore dah datang. Karena udah nggak sabar, barang datang, setting, langsung pasang…TERNYATA kemampuannya nggak jauh beda, dengan kondisi pemsangan yang sama saya malah lebih puas dengan produk TL-WA5110G. Padahal dari harganya beda jauh (hampir 2x nya). TL-WA5210G dihargai sekitar Rp. 465.000,- (fiuhhh). Ada apa nih dengan TP-Link? Saya kecewa hari ini! Biasanya  sebelumnya saya tidak pernah kecewa, mulai dari kabel jaringan, akses point, alat-alat jaringan yang lain…semua saya gunakan TP-Link (kecuali Modem ADSL)…fine-fine aja…malah lebih bagus dari yang harganya jauh lebih mahal.

Kesimpulan :

  • Ternyata perbedaan power sebesar 200mW itu nggak begitu berpengaruh jika digunakan pada kondisi yg banyak pengahalang (bangunan, pohon, dsb).
  • Untuk kondisi line of sight (alias tanpa ada halangan) TL-WA5210G memang lebih unggul dari kakaknya TL-WA5110G, selisihnya bisa sampai 20dB.
96 Tanggapan to “Review singkat TP-Link TL-WA5110G vs TL-WA5210G”

  1. mbrontox said

    kui terus nganggo antena grid ora kang ??/

  2. mbrontox said

    kui terus nganggo antena grid ora kang????

  3. Sukrawan said

    Iyaa donk….nganggo biar kuat…dan jauh….penguatan antenna 21 dB lumayaaan….yang beamnya semula omni jadi beam bentuk pensil….hehehe

  4. Sukrawan said

    Oya, TL-WA5210G sebenarnya memang jauh lebih kuat dari TL-WA5110G, dengan syarat pemasangan bener2 line of sight alias bebas halangan. Tapi kalo di pasang untuk daerah banyak halangan bakal nggak jauh beda hasilnya…bener2 sinyalnya mampus di halangan. TL-WA5210G sangat cocok untuk dipake untuk jarak jauh (bisa sampe 30-40 km) tapi dengan kombinasi antenna grid. Jika mau lebih jauh lagi bisa ditambahkan booster yang 2-4 Watt!

  5. menyut said

    Sorry Boss….boleh tahu di ketinggian brp masang wa5210g-nya….
    Trims…

  6. Sukrawan said

    di ketinggian kurang lebih 12 meter.

  7. agung said

    saya pengguna tl-wa5110g juga eoc2610, dibanding eoc2610 produk tplink ini menurut saya lebih baik. terutama sinyal yang diterima dari sisi client lebih stabil, dan dalam waktu dekan saya akan mengistirahatkan eoc2610 karena sinyal yang kurang stabil.

  8. jojo said

    Ahh product gagal WA5210G dipakai antena omni db TL-ANT2415D cuma 500m trus sinyal nya abisssssssss, Specification nya 15km with Integrated Antenna 50km Maximum (High gain directional antenna required) maksud nya Antena tinggi 50km bisa memancarkan sinyal sampe 15km ….wk..w.kw.k.wk..kwk.w.k =))

    • Sukrawan said

      Hahaha….pasti terimanya pake Laptop yaa! makanya jarak 500m gak dapat sinyal…apalagi pake omni antenna…wakakakka. coba pake antenna grid pada sisi client…klo pake laptop trus banyak halangan YA jelas sinyal loss…bukan Salah alatnya….

      • jojo said

        salah bos, kita gak pake laptop, pake PC bos, kita pake tuh alat cuman seminggu trus kita rongsokon bos…xi..xi..ix.ix..i, ngomong² stu dah pake barang nya bos? :)

      • Sukrawan said

        Sy udah pake bos…saya beli 3 biji…khusus disetting buat pemancar (AP). Yang client pake TP-Link yang murah…lumayan bagus kok jika dibandingkan dengan Senau yang harganya mahal. Antennanya aku pake Grid TP-Link juga…Yang terjauh kemaren sih ke 5 KM (client terjauh masih segitu). Tinggi tiang antenna cuma sekitar 10 meter sich…klo mau hasil yang bagus, jarak antenna dari halangan minimal 7 meter (aku baca di settingan)

      • jojo said

        7KM masih bagus bos?? ketinggian antena brp untuk client nya bos??,…sorry nehh aku dah terlanjur kecewa ama barang yg ini :) dengan ada nya blok ini membuat kita saling sharing bos :) thx b4 :)

      • markona said

        masah sih ,,, ane pake wa5110g bisa sampe 22 km ,,,,mak yoss

  9. Sukrawan said

    Wah salah besaar boss klo kecewa….klo Hub TP-Link boleh agan kecewa, tapi klo AP-nya jangan boss…ketinggian antenna client yang paling bagus yaa harus sama dengan ketinggian antenna AP (antenna dlm posisi lurus, gak miring-miring). Sesuai aturan Line Of Sight. Baca Link Ini Bro…untuk hasil yang maksimal

    • Jojo said

      Seeph…thx buangent bos atas saran dan info nya…:) mungkin aku akan coba lagi di lain waktu, sekarang aku pake bullet m2hp dan antena sectoral, nanti untuk client / repiter nya aku akan coba pake TL-WA5210G :) 1X lg Thx, dan ma’af aku dah banyak oret² an di blog ini bos :)

  10. Y451N said

    kalo anti petirnya tuh bgm bos… pake kabel apa tolong pencerahanya…? suwun

  11. afrie said

    Bos… ane newbie nich? mau tanya pemasangan AP TP-LINK WA5210G dengan antena Grid, Pemasangan yang benar seperti apa? Di client ane pake AP WA500G dengan antena Omni Stick, di Usernya ( Pengirim ) pake AP WA5210G antena Grid. Ketinggian Antena Client +- 10m , antena pengirim ketinggian +-9m. Jarak antara Pengirim dan penerima -+5Km. Tapi sinyal ga nyampe ke Client(penerima) Tolong pencerahannya ke email Afrie_bs@yahoo.com. Matur nuwun…..

  12. ari said

    permisi gan, ane mau tanya, klo pake TP-LINK WA5210G sbg AP dg jarak client 1.5KM memakai Laptop tanpa tambahan antena bisa nyampe gak ya gan? thanks

  13. flyalf said

    kalau saya pribadi hanya ingin share aja,sbenernya antara 5110 dan 5210 saya pilih yang 5110 karena untuk 5210 setelah saya coba bongkar dan oprek ternyata untuk line exsternal antennaya ada sedikit cacat,kadang kalo kita pake antenna eksternal signal malah jadi drop,malahan kalo kita oake antenna internal bisa lebih stabil,ini sudah saya praktekan dengan jarak sama-sama 2km dengan kondisi CLOS dan perangkat yg sama.

  14. sekadar sharing, saya menggunakan untuk klient jarak 2 km masih oke, karena penasaran saya coba jarak saya ukur di google earth 11 km, masih bisa menerima sinya sekitar 10 db, saya belum pernah mencoba menggunakan untuk antena eksternal, jarak 11 km tuh pake antena internal, kesimpulan saya jika 5210 dibandingkan harganya yang sekitar 380rb maka saya puas, coba kita lihat secara proporsional, antena internal dah ada 12 db trus powernya 600mw, jangan dibandingkan dengan yang harga diatas 400rb ya, trims

  15. akmal dstx said

    bro, saya barusan beli wa5110G yg saya maksudkan sebagai AP Client Router, tetapi saya kesulitan utk settingnya.
    kalo tidak keberatan saya mo minta pencerahannya via email..(mohon di balas via email ya bro)
    thx b4

  16. jmj said

    Gan, sy pake ini buat client wifi buat nembak AP tp ternyata bandwidth yg keterima lebih lambat dari pada pake wifi laptop, kalo boleh minta sarannya ini salah nhya dimana di setting nya atw di mana ny ? email jmj.batojutsu@gmail.com

  17. hery said

    bener bos tp-link 5210 emang bagus banget tingkat sensitifitasnya.tapi klo bisa di pakai di sisi client aja di pake nya.jangan di pakai di sisi central!!!karena dia sangat jelek jika menggunakan antenna external jika di gunakan sebagai central dan terlalu ceper radiasi gelombangnya jika menggunakan antenna bawaannya!!!saya sdh pakai banyak!!!…sekarang masalah saya untuk tplink 5210 yang garansinya sdh habis bisa di perbaiki ga???karena ada 1 punya saya yang drop performance bener dari sisi hardwerenya…mohon bantuannya gan…

  18. dandysoewanditoy said

    Bro Sukra,

    Terimakasih atas sharingnya.

    Mau tanya ttg TL-WR841ND (n, 300mbps, 350meter) dibandingkan TL-WA5110G (g, 54mbps, 1km) ? Maksudnya, dalam context kemampuan menembus beton untuk pemakaian di dalam rumah.

    terima kasih sebelumnya,
    – Dandy

  19. Diah Ali said

    sepasang tplink 5210 buat point to point jarak 5 km tinggi tower 15 meter mampu nggak ya? trimakasih

    • Sukrawan said

      Mampu banget. Yg penting pastikan nggak terhalang bangunan antara client dan server. Trus pilih channel pafa settingan tp link, channel yg nggak terpakai, jadi nggak afa gangguan dari wireless lain akibat channel yg dipakai sama. Saya sudah coba 11 km (ujur dg google earth, kine of sight) excellent

  20. Diah Ali said

    sepasang tplink 5210 buat point to point jarak 5 km tinggi tower 15 kilo meter mampu nggak ya? trimakasih

    • Sukrawan said

      Oya. Pastikan juga arah antenna client dan akses point bener2 bertemu lurus, untuk mendapatkan sinyal yg bener2 bagus. Sama seperti memasang parabola ato indovision, harus bener2 lurus ke satelit.

  21. hermanto said

    Mas bro, klo WA5110G bs nggak buat bikin hotpsot di cafe ?
    biar pengunjung pada betah nongkrong gitu ….

  22. BanditWiFi said

    Banyak yg bilang WA5210G memang tidak bagus dipasang antena external (grid,yagi,omni,sektoral) sinyal malah drop katanya sih cacad produk di bagian ext antenna. Lebih bagus WA5110G. Pengalaman saya pake WA5110G yg di paksa jadi client outdoor utk nyantol ke AP milik orang dgn jarak -/+ 4 km pada ch 13 lalu di set power 23 dBm dengan Interferensi cukup tinggi karena ada melewati 2 AP orang yg di pasangin booster masih bisa tembus dgn lancar jaya tapi setelah 8 bulan berjalan kadang2x suka ngaak respon port ethernetnya dan terhapus sendiri konfigurasinya dan balik ke default jika radio tiba-tiba mati karena mati listrik, setelah di update firmware ke versi 4.4.2 Build 100408 Rel.54957n udah agak mendingan walaupun masih kadang kala kumat juga sakitnya, dan biasanya radionya di cabut power poe nya di biarrin -/+ 1 menit di nyalain lagi dan lalu di konfig ulang baru bisa oke lagi. Padahal cassingnya udh di telanjangi dan di masukan box outdor (hehehehehe),, sampe sekarang saya masih penasaran apakah karena di sisi radio saya aktifkan MAC Clone nya untuk mengelabuhi AP yg di set MAC Address Filtering karena emang saya nyantol ilegal,,, apakah ada yg punya pengalaman sama dengan saya??? Sekedar perbandingan dengan radio saya yg satu lagi Bluelink BL-R30G sangat bandel walaupun mati listrik byar pet berapa kali konfigurasi nya ngaak balik ke default, tapi ada kekurangannya yaitu Channel di limit sampe Ch11, output 20 dBm (Alasan saya ganti dgn TP-Link karena limit ch sampe 11)

    • Sukrawan said

      Gak juga bro, gak smua. Mungkin yg keluaran tahun2 tertentu aja. Coba upgrade softwarenya. Aku juga biasa pake yg 5210, lumayan bagus. Tapi ada sich beberapa yg drop, tapi begitu diupdate softwarenya bagus tuh. Trus settingan gak pernah ilang. Blum pernah alami settingan ilang. Yg penting dipassword akses pointnya, password yg bagus. Biar susah diakses orang lainnya, takutnya direset ama orang lain. Good luck bro

    • yarpin said

      BL-R30G bisa sampai chanel 13, seting region nya hongkong atau jepang…. nani channel 13 nya keluar…

  23. SDY said

    jenis ini jelek bos .tak bisa tahan lama 1/5 bln dah ngedrop

  24. rios said

    1/5 bulan berarti 6 hari ?????? wdew..klo gini caranya cari yang laen aja..eh entu berlaku buat 5110 atau buat 5120 nya?

  25. iwan said

    numpang nimbrung,para master jaringan bisa membantu saya: ni saya mo buat repeater dari d-link setting security WPA/WPA2 berpassword, apakah wa5110g tsbt bisa digunakan? untuk satu lokasi sekolah smp (kira2 200m diameter area), thx atas bantuanya, mhn tutor setting repeater ke email sy iwanfariyct@gmail.com ,thx bgt

  26. Fadjar said

    Bro Sukrawan, saya mau buat hotspot dirumah, supaya bisa internetan disemua bagian rumah, bagusnya pakai TL-WA500G atau sekalian pakai WA5110G, harga TL-WA500G cuma terpaut 50 rb lebih murah, please advise, thanks broo.

  27. Fadjar said

    Bro mau nanya lagi nih,
    Topologi jaringan saya, untuk menerima pancaran wifi memakai router TL WR543G (saya langganan RTRW net), kemudian connect pakai kabel utp/RJ45 ke laptop atau PC dirumah saya.
    Saya ingin connect internet tanpa kabel dirumah (bisa dari mana saja) dan agar beberapa laptop/pc dapat secara bersamaan konek internet.
    Saya sudah beli TL WA5110G untuk saya jadikan Hot Spot dirumah, bisa minta tutorialnya untuk setting acces point nya?
    Ada 3 pilihan mode:
    1. AP Client Router
    2. AP Router
    3. AP
    Mana yang harus saya pilih??

    thanks sebelumnya

    • Sukrawan said

      Kalo mas bro sudah pake router untuk menerima wifi, mas bro tinggal setting 5110 sebagai AP aja. Aktifkan dhcp nya. Pastikan alamat ip address satu jaringan. Router memiliki 2 ip address. 1 ip untuk konek ke luar. 1 ip untuk konek ke jaringan lokal. Pastikan ip 5110 satu jaringan dengan ip lokal. Trus gateway nya 5110 sama dengan ip router yang pertama.

  28. Fadjar said

    OK Mas dah bisa konek wifi pakai TLWA5110G nya, tapi ada sedikit masalah, ketika laptop dan perangkat AP saya matikan (power saya cabut), kemudian saya konek kan lagi koq ga bisa konek ke internet ya?? Wifi ke laptop status connected, tetapi ada tulisan “No Internet Acces”, kira masalahnya dimana yah? Apa di IP addres seperti yang dibilang Mas Sukrawan?

    Cara cek ip adress saya yg dari router penerima wifi WR543G, apa cukup pakai cmd>>ipconfig?
    Terus IP yang muncul itu untuk konek ke jaringan lokal, maklum newbie baru belajar mas:D

    thankx atas jawabannya

  29. Nanang said

    Bos. Saya mau tanya. Kira2 antena yang cocok untuk tplink 5110 apa ya pokoknya yang 360 derajat

  30. rob said

    bro ane mau nanya, kl buat repeater wifi, tp link 5110G apakah bagus signalnya?
    ane ga perlu kecepatan sampe 300mbps, tp ane perlu signal yg kuat,
    thx :)
    kl di bandingkan dengan WA901ND yg 3 antena bagusan mana ya hehe

    • Sukrawan said

      Bagusan yang 5110 mas…dari segi power, kalo transfer rate emang kalah. kalo yang WA901ND cocok untuk game jaringan pake wifi terutama game2 yg butuh bandwidth besar

  31. umay said

    hemmmmm TP-LINK 5210 menurut pengalaman ane si mang lumayan zzzossssss boss untuk ukuran harga segitu… saya dah pernah pasang ntu radio buat nangkep sinyal RT/RW net dengan jarak 14 km dari indramayu ke subang masih zozzzzz tuh, saya pake antena grid made in tp link juga. signal yg saya dapet stabil 30db, klw pake antena internal nya cuman dapet 12-14 db dwank, bisa konek si tapi kurang stabil. mungkin karna daerah indramayu kan banyak bukit n utan jati kali ya,,, hehehhehe…!!! sekarang saya pake ntu radio di rumah buat nangkep signal dari mantan sekolahan ane dulu dengan jarak 6 km stabil 26 db….!! oh ya saya pake antena internal lo ya bukan grid…!!!! moga membantu agan2 sekalian…!!!!!

  32. Edi Satriyo said

    sy pakai TL-WA5210G dg antena eksternal omni 15db …sy mau beli TL-WA5210G untuk client tapi jaraknya 10 km….alat apa yang harus sy beli untuk menangkap sinyal wifi dari TL-WA5210G pakai antena omni….

    • suker said

      Kalo pake antenna omni ane kagak yakin bisa sampe..apalgi kkalo halangan cukup banyak, untuk jarak 10 km ane sarankan pake antenna grid untuk akses point…untuk nangkepnya juga pake grid…untuk alatnya pake 5210 ato 5110 sama bagus…lebih bagus dikit 5210

      • Lidiya said

        Tu la msyalahnaa. Kalu takat check bp klinik biasa pun boleh buat. Boleh cuba mtk rayuan tukar ke Kg Pertama. Kan dah berpindah ke Taman Pauh Indah? Berulang ke klinik perai pun susah gak. Anak kena bawak pi sekali. Curi waktu mengajar lagi. At least cari yg terdekat. Kalu lambat lagi bleh balik rumah sat. Lebih baik dari terpaksa melongong tunggu turn, Terpulang pada puanKesimpulan – hidup sentiasa akan diuji. Masalah bujang kemudian kawin, beranak dan bercucu dan selepas hidup.

      • m1MRXc hhblwyhgaxsg

  33. Edi Satriyo said

    tolong beriathu ai setiing accespoint TP-LINK 5210 sebagai client nembak accespoint yang sama TP-LINK 5210…kalau bisa kirim lewat email bossssssssss

  34. awan said

    mas mau tanya.ane pake wa5210g.panjang kabel dari AP ke POE 10M pajang kabel dari PC ke LAN ane pake kabel bawaan.permasalahannya

    1.kenapa indikator power hidup tapi indikator LAN di AP mati.padahal kabel yang saya gunakan juga udah bener(udah saya tes pake lantester).
    2.pas saya ganti kabel 10 dengan kabel yang 1M bisa(AP ke POE).,ane pak kabel UTP yang 3000n.kalo gak salah ane pake PMARK.

    tolong solusinya mas..kalo gak bisa ane rugi dong..hahahaha malah curhat

    • Dot said

      Mungkin powernya gk sampai ke radionya,,coba kabelnya di ganti dengan utp belden usa,bahan lbih bagus.

    • jajaka kalana said

      oh entu karna kabelnya mas bro, coba deh ganti kabel UTP nya pake belden usa,,, aku juga pernah ngalamin hal yg sama, ternyata cek punya cek dari kabel UTP nya,

  35. abdull_kotabaru said

    Review versi saya pakai 5110 :
    – di pasang di outdoor harus gunakan plat pendingin tambahan, di pasang di 2 bh IC
    Jika bingung IC yg mana, test sendiri hidupkan itu AP, biarkan 10 menitan, trus pegang IC mana yg panas, nah taroh tu pendingin di situ. Fungsi utama biar AP awet.
    – bagus digunakan untuk repeater di lingkungan klient yg cuma suka browsing2, maksimal 12 klient, jika lebih tuh jaringan bakalan banyak rto. jangan di pasang di lingkungan klient yg suka game online.
    – Untuk jarak jangkauan sekitar 1 km masih tembus dengan laptop pakai antena omni slotted asalkan loss tdk ada halangan. dan tergantung juga dari kondisi kualitas wireless laptop / wireless usb (tiap merek beda2 daya tangkap tx dan rx, jadi jgn di pukul rata semua).
    – db powe AP jangan di set full maksimum, cukup di 20-24 db, jika di full maksimum, hanya sebagian laptop saja yg bisa login,, selebihnya cuma bisa nangkap sinyal ngga bisa login.

    NB:
    5110 adalah versi indoor, jika di pasang outdoor seadanya ngga bakalan awet. harus ada pendingin karena sudah panas oleh pemakaian juga panas dari matahari, lebih bagus lagi jika di pasang 2 kipas mini utk udara in dan out.
    Box outdoor jgn terlalu mepet/kecil karena sirkulasi udara akan sempit dan akan cepat membuat AP panas.

  36. ulin said

    bantuin dong… saya nih mau bikin RT RW net… maklum gan… saya ga ngerti soal seperti ini.
    apa aja yang mesti aku siapin untuk server?
    untuk client nya juga apa aja?
    pls… bantuin…

  37. Dot said

    Sdikit info AP TP LINK TL-WA5210G tidak cocok di kawinkan dengan antena omni apapun,karena cacat pabrik,,kalau pakai antena grid bisa,malah lebih bagus..saya sudah membuktikan sendiri..trim

    • yarpin said

      TP LINK TL5210 kalau mau pake antena omni, jalur yang ada di pcb dari out antena ke soket antena hrs di putus, diganti dengan pig tail, hasil nya memuaskan… daya yang keluar full power

  38. dinowibowo said

    mas, mau tanya nih..
    di kantor ane (lt.5) pake AP merk D-link DIR615 (posisi pas banget ke arah rumah ane, btw terhalang kaca kantor), nah jarak rumah ane dari kantor itu sekitar 1km, kira2 bisa ga ane pasang 5210G diketinggian 15meter hanya utk ambil sinyal wifi kantor dirumah??
    makasih banyak ya sebelumnya :)

  39. Nga Diyo said

    agan agan yang wa5210 ga dipake, tak bayarin ane aja. yg penting segel masih utuh dan masih fungsi. daripada dirongsokin. soalnya ane coba pake grid ketinggian 20 meter, di client 12 meter sinyalnya 36db, ping 1,2,1,2 lancar gan.

  40. nay said

    Mas mau tanya ni wa5210g ane kok gak bisa buka web configuration nya di PC ane tp kalo di laptop ane bisa dibuka web configuration nya…Mohon pencerahannya gan..PC ane pake OS Windows 7 Unlimited(32-bit) & Laptop ane pake OS Windows 7 Propessional (32-bit)..Apa memang wa5210g gak support dgn Windows 7 Unlimited? Ato ada yg salah dgn system ane?

  41. AFUE said

    NUMPANG NANYA.. CARA SETTING TL-WA5210G YANG BENAR BUAT JADI COSTUMER RT/RW (NANGKAP SINYAL RT/RW) BAGAIMANA YA’?

  42. meriljunaidi said

    Malam gan. Bantu saya bagaimana cara instalasi Mikrotik RB 751U-2HnD

  43. TY said

    Ikut nimbrung ya gan(meskipun ane telat),tp l 5210 mmg dak bagus kl pake external antena,tp kl yg sudah kadung beli grid, gridnya jgan dibuang… sayang lah gan.Mendingan gridnya buat aku aja…. hehehe,,,,, la kl ndak boleh yo dimatpa’atke bwat reflektor aja, sperti yang ane alami ne gan, juragan ane punya grid hiperling 5ghz,digletakin di gudang,dripada nganggor trus mpritili, tak pake aja bwt reflektor wa5210,lumayan oe.. sinyallnya nmbah 10-15 db.

  44. vedjaoz said

    mau tanya bgm cara reset tp link tl-wa5210g tanpa panjat tiang..gak bisa connect ke 192.168.1.254..mohon bantuannya..

  45. Belajar said

    Maksimal jangkauan 5210G sebagai Akses Point dan 5210G sebagai AP Klien..?

  46. chandra35 said

    Barangkali ada yang masih membutuhkan :)

    Cara Setting TP-Link WA5210g

  47. chandra35 said

    Barangkali ada yang pernah mengalami hal ini, silahkan di cek TKP gan

    Cara mengatasi TP-Link WA5210g Mati

  48. Reblogged this on AIPEL COMPUTER.

  49. ane pake wa5110g buat ap client outdoor selama 3 tahun belom pernah ada masalah gan \m/
    sekarang mau nyoba wa5210g, ngomong2 wa5210g kan udah ada antena internalnya, umpama dipasang antena grid, fungsi antenal internaalnya gimana ? masih fungsi ato udah nggak… :D

  50. sapukusuka said

    gan ane sdng bingung mo beli buat nembak hotspot yg gretong pake 5210 atau keluaran baru yg 7510 cm beda freq, krn liat dari review 5210 ada cacat prod di antena internalnya, klo 7510 ya pastinya lebih bagus, walaupun beda freq. ada saran gan?

    • Sukrawan said

      Kalo mau nembak hotspot yang jauh dan powernya agak lemah…pake antenna grid extenal aja…akses pointnya yng murah aja…yg paling murah jg gpp…yg penting gridnya….jangan lupa…frek juga harus sama…2,4 GHz ato Yng 5 GHz

  51. Fahri said

    gan, kalo tlwa5110g menggunakan grid kalo dibandingin dengan tlwa5210g menggunakan antena internalnya bagusan mana??

  52. Fahri said

    ok. Thanks

  53. satya said

    LAN MATI…..Ada solusi….?

    • Rafael said

      Pertanyaannya kurang spesifik…LAN mati ya cek switch/hubnya….klo rusak ganti yg baru…trus kalo koneksi dr Switch ke PC ada masalah..cek juga kabel dan konektor RJ-45 nya…dan juga jangan lupa cek Lan card komputer serta setting-an IP addressnya….ngono…

  54. Bagio said

    LAN mati service aja

  55. alfa said

    Gan, bgm cara reset tp link tl-wa5210g tanpa panjat tiang,.gak bisa connect ke 192.168.1.254..
    .

Tinggalkan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 722 pengikut lainnya.

