Life is about choice

Do your best or nothing, No change no future, No pain no gain…

KESEMPATAN MENJADI TARUNA AKADEMI ANGKATAN UDARA

Posted by Niyamabrata pada Februari 8, 2009

Dispenau, 2/6/2009

Akademi Angkatan Udara kembali membuka kesempatan bagi pemuda Indonesia untuk mengabdi kepada negara dan bangsa melalui Taruna Akademi Angkatan Udara (Karbol). Bagi pemuda yang berminat dapat mendaftarkan diri mulai tanggal 1 s.d. 31 Maret 2009 di Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) seluruh Indonesia.

Tempat pendaftaran untuk daerah Jawa di Lanud Halim Perdanakusuma (Jakarta), Husein Sastranegara (Bandung), Wiryadinata (Tasikmalaya), Adisutjipto (Yogyakarta) dan Iswahjudi (Madiun), Atang Sendjaja (Bogor), Wirasaba (Purbalingga), Surabaya (Surabaya), Abdurachman Saleh (Malang), dan SMA Taruna Nusantara (Magelang).

Lanud luar Jawa meliputi Lanud Sultan Iskandar Muda (NAD), Pekanbaru (Riau), Medan, Padang, Palembang, Tanjung Pandan (Babel), Supadio (Pontianak), Balikpapan, Sjamsuddin Noor (Banjarmasin), Sultan Hasanuddin (Makassar), Sam Ratulangi (Manado), Ngurah Rai (Denpasar), Rembiga (Mataram), El Tari (Kupang), Manuhua (Biak), dan Jayapura (Papua).

Persyaratan WNI, pria yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945, berusia tidak kurang dari 18 tahun dan tidak lebih dari 22 tahun, tinggi badan tidak kurang dari 165 cm dengan berat badan ideal (seimbang) dan sehat serta tidak berkacamata dan buta warna, berkelakuan baik, tidak sedang kehilangan hak untuk menjadi prajurit, disertai Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat.

Tamatan SMA/SMU/MAN jurusan IPA dan SMK Penerbangan, DANEM lulusan tahun 2004 nilai rata-rata 6,5 tidak ada nilai dibawah 4, lulusan tahun 2005 dan 2006 nilai rata-rata 6,5 tidak ada nilai dibawah 4,26, lulusan 2006 dan 2007 UAN dan UAS tidak kurang dari 6,5 tidak ada nilai kurang dari 6 dan lulusan 2009 akan ditentukan kemudian.

Belum pernah nikah yang dinyatakan dengan surat keterangan dari Kepala Desa/Lurah, sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan Karbol dan lanjutannya dan sanggup melaksanakan Ikatan Dinas Pertama selama 10 tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Perwira serta bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selama mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pengujian/pemeriksaan para pelamar calon Karbol AAU tidak dipungut biaya apapun. Formulir pendaftaran dan lainnya disediakan di panitia daerah/sub panitia daerah setempat.

69 Tanggapan to “KESEMPATAN MENJADI TARUNA AKADEMI ANGKATAN UDARA”

  1. Fitria A said

    Kenapa ya untuk wanita belum ada kesempatan unuk menjadi Taruna Akademi Angkata Udara??

    • konsen said

      Untuk saat ini memang belom dibuka kesempatan Wanita menjadi Taruna/Masuk Akademi Angkatan Darat/laut/Udara. Ini menyesuaikan dengan Anggaran yang dimiliki negara/dialokasikan untuk Pertahanan. Bisa dibayangkan jika Wanita masuk ke Akademi TNI. Perlu banyak sekali perubahan, anggaran, dsb. Mungkin suatu saat nanti…

    • mudah mudahan saja allah berkehendak baik

      presiden mengumumkan lulusan smk otomotif bisa masuk akmil demi kejayaan bangsa indonesia harga mati bagi saya rela mati demi bangsa

      • LULUS SMK MEMANG BISA MASUK AKABRI …POLISI….KALAU AENNYA TIDAK BOLE…….MADARSAH JUGA AKABRI POLISI…..KARENA AMTEMATIKNYA SUSAH BEENG…..DAN JUGA FISIKANYA DAN KIMIA…DUH AMIT ….SEBEL….KALAU POLISI AKABRI ITU KULIAHNYA ENAK…LULUS BIS AJADI GURU PEMBIMBING ….HARUS PINTER BICARA…KULIHANYA KE PODIUM…CERAMAH….JUBIR=JURUSAN BIBIR …MC..DARI NOXE’ FSI.ISTANA EMPRIENEGARA KANEJNG NOXE’ EMPRIE. CAESAR DAN JUGA PESIDIENT INDONESIA :UNCLE NOXE’.

        ” YA BENER..”TARUNA AKABRI TINGKAT 1 :BAPAK JOKOWIE. …..NOTE :ULANG UNTUK NILAI DISIPLIN KEPERWIRAAN.JADI GUGUR NILAI PREIDIENTNYA….DIGANTI UNCLE NOXE’…YAHUT PUNYA..
        “MASAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA….”TENTARA WANITA TERSIPU SIPU NGACENG…

  2. tolong dibuka cabang pendaftaran di manokwari, untuk mempermudah pendaftaran bagi para calon taruna AKBRI AU.

  3. apakah bisa di terima lulusan SMK jurusan pariwisata???

  4. Edgar said

    saya minta izin klo bisa tamatan yang pernah gagal ikut akmil bisa daftar kembali tidak

    • konsen said

      bisa…khan batasannya cuma umur..gak lebih umurnya dari 22 (seingat saya)…teman saya ada yg gagal sampai 3 kali…keempatnya baru bisa masuk..di akmil. Tetap semangat…niatkan dengan sungguh2…tutupu kekurangan yg ada…

  5. jepri k said

    saya jurusan bahasa bagaimana ini ? apakah bisa tapi saya berbakat dan berprestasi dalam bidang sepak bola

  6. konsen said

    Hanya untuk jurusan IPA dan SMK Penerbangan saja karena di TNI AU akan menangani alutsista yang behubungan dengan pesawat, elektronika, dsbnya. Mungkin bisa di Matra Darat (Akmil). Atau bisa juga kuliah dulu baru masuk lewat SepaPK.

  7. kalo smk jurusan komputer bagaimana

  8. saya mau nanya lagi ne??? boleh gak….????
    kan kalo saya lulus sma umur saya baru 17 tahun, kira-kira bisa gak di terima jadi taruna akabri au???

  9. konsen said

    Belum boleh…umur kurang 1 hari dari persyaratanpun tidak akan diterima pada saat seleksi administrasi. Syarat umur dihitung pada saat nanti mulai pendidikan. “Umur pada saat masuk pendidikan tanggal 1 Agustus tidak kurang dari 18 tahun dan tidak lebih dari 22 tahun. “

  10. konsen said

    TENTARA NASIONAL INDONESIA

    MARKAS BESAR ANGKATAN UDARA

    PENGUMUMAN

    Nomor : Peng /1/ I/ 2010

    tentang

    PENERIMAAN KARBOL AKADEMI ANGKATAN UDARA

    TAHUN 2010

    TENTARA NASIONAL INDONESIA ANGKATAN UDARA

    MEMBUKA KESEMPATAN KEPADA PEMUDA INDONESIA

    UNTUK MENJADI PERWIRA MELALUI AKADEMI ANGKATAN UDARA

    1. PERSYARATAN

    a. Warga Negara Indonesia, pria bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945 serta bukan Prajurit TNI/Polri dan PNS.

    b. Umur pada saat masuk pendidikan tanggal 2 Agustus 2010 tidak kurang dari 18 tahun dan tidak lebih dari 22 tahun.

    c. Berkelakuan baik dan tidak kehilangan hak untuk menjadi Prajurit TNI berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap yang dinyatakan dengan surat keterangan dari Kapolres setempat.

    d. Berbadan sehat (Jasmani dan Rohani).

    e. Tamatan SMA/SMU/MAN jurusan IPA dan SMK Penerbangan, ketentuan DANEM/SKHUN untuk lulusan tahun 2005 dan 2006 dengan nilai rata-rata 6,5 tidak ada nilai di bawah 4,26, lulusan tahun 2007 dan 2008 nilai rata-rata UAN dan UAS tidak kurang dari 6,50 tidak ada nilai kurang dari 6. Sedangkan lulusan tahun 2009 dengan ketentuan sebagai berikut :

    1) Tamatan SMA/MAN jurusan IPA:

    Nilai rata-rata akumulatif untuk 10 mata pelajaran yang terdiri dari 6 mata pelajaran UAN dan 4 mata pelajaran UAS (pendidikan agama, PKN, sejarah dan teknik informatika) adalah 7, dari 10 mata pelajaran tersebut hanya diperbolehkan 1 mata pelajaran yang nilainya di bawah 6 dengan batas bawah 5,5.

    2) Tamatan SMK penerbangan:

    Nilai rata – rata akumulatif untuk 10 mata pelajaran yang terdiri dari 4 mata pelajaran UAN dan 6 mata pelajaran UAS (pendidikan agama, PKN, fisika, kimia, pendidikan jasmani dan komputer) dengan nilai rata rata 7 dan tidak boleh ada nilai di bawah 6.

    Untuk lulusan tahun 2010 akan ditentukan kemudian.

    f. Belum pernah menikah dan sanggup tidak akan menikah selama dalam pendidikan Karbol dan lanjutannya.

    g. Tinggi badan minimal 165 cm.

    h. Sanggup melaksanakan Ikatan Dinas Pertama selama 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Perwira TNI dan bersedia ditempatkan di mana saja di seluruh wilayah Indonesia.

    i. Harus ada persetujuan dari orang tua/wali bagi yang belum berusia 21 tahun.

    j. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan disertai dengan :

    1) Surat persetujuan dari kepala jawatan yang bersangkutan

    2) Bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Karbol Akademi Angkatan Udara

    k. Harus mengikuti dan lulus ujian/pemeriksaan yang meliputi:

    1) Postur dan lahiriah

    2) Administrasi

    3) Skrining Pom

    4) Kesehatan umum calon Prajurit TNI dan kesehatan jiwa

    5) Kesamaptaan jasmani (samapta “A”, “B”, renang dan postur/antropometrik)

    6) Psikologi

    7) Penelitian personel

    8) Akademis

    2. PENDAFTARAN

    a. Mulai tanggal 1 Maret sampai dengan 15 April 2010.

    b. Cara Pendaftaran. Calon datang sendiri ke tempat pendaftaran sesuai rayon (daerah/tempat kelulusan pendidikan sekolah terakhir), dengan membawa dokumen asli dan menyerahkan berkas foto kopi masing-masing 2 (dua) lembar untuk keperluan pendaftaran berupa:

    1) Foto kopi Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir yang sudah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang.

    2) Foto kopi ijazah terakhir sesuai persyaratan, sudah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 59 Tahun 2008, bagi yang belum lulus sekolah agar melampirkan surat keterangan dari kepala sekolah yang menerangkan bahwa pelamar masih duduk di kelas III (tiga) SMA/MAN/SMK Penerbangan.

    3) Foto kopi KTP calon dan KTP orang tua/wali yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang.

    4) Pas foto hitam putih ukuran 4 X 6 sebanyak 2 lembar.

    c. Tempat pendaftaran di Lanud-lanud yang ditunjuk sebagai panitia daerah penerimaan Karbol antara lain :

    1) Dinas personel Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta dengan nomor telepon 021-8019041 untuk daerah meliputi :

    a) Propinsi DKI Jakarta

    b) Propinsi Banten

    c) Depok

    d) Bekasi

    e) Karawang

    2) Dinas personel Lanud Atang Sendjaja di Bogor dengan nomor telepon 0251-7535913/4 pswt 9130, untuk daerah meliputi :

    a) Bogor

    b) Cianjur

    c) Sukabumi

    3) Dinas personel Lanud Husein Sastranegara Bandung dengan nomor telepon 022- 6037630 pswt 278 untuk daerah meliputi :

    a) Bandung

    b) Sumedang

    c) Garut

    d) Purwakarta

    e) Subang

    4) Dinas personel Lanud Wiriadinata Tasikmalaya dengan nomor telepon 0265-333653 pswt 23, untuk daerah meliputi :

    a) Tasikmalaya

    b) Ciamis

    c) Kuningan

    d) Majalengka

    e) Cirebon

    f) Indramayu

    5) Dinas personel Lanud Wirasaba Purwokwerto dengan nomor telepon 0286 479117 pswt 1006 untuk daerah meliputi :

    a) Purbalingga

    b) Purwokerto

    c) Banyumas

    d) Cilacap

    e) Banjarnegara

    f) Kebumen

    g) Wonosobo

    h) Pekalongan

    i) Batang

    j) Pemalang

    k) Tegal

    l) Brebes

    6) Dinas personel Lanud Sultan Iskandar Muda di Nanggroe Aceh Darussalam dengan nomor telepon 0651-26692 pswt 304 untuk Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam

    7) Dinas personel Lanud Medan di Medan dengan nomor telepon 0761-4572323 pswt 309 untuk Propinsi Sumatra Utara.

    8) Dinas personel Lanud Pekanbaru di Pekanbaru dengan nomor telepon 0761-61456 pswt 9201 untuk daerah meliputi :

    a) Propinsi Riau

    b) Propinsi Kepulauan Riau

    c) Propinsi Jambi

    9) Dinas personel Lanud Padang di Padang dengan nomor telepon 0751-7053504 untuk Propinsi Sumatra Barat

    10) Dinas personel Lanud Palembang di Palembang dengan nomor telepon 0711-410376 pswt 208 untuk daerah meliputi :

    a) Propinsi Sumatra Selatan

    b) Propinsi Bengkulu

    c) Propinsi Lampung

    11) Dinas personel Lanud Tanjung Pandan di Bangka Belitung dengan nomor telepon untuk 0719-22773/21004 daerah Propinsi Bangka Belitung

    12) Dinas personel Lanud Supadio di Pontianak, Kalimantan Barat dengan nomor telepon 0561-721005 pswt 1026 untuk Propinsi Kalimantan Barat

    13) Dinas personel Lanud Iswahyudi di Madiun, Jawa Timur dengan nomor telepon 0351-868707 pswt 1004 untuk daerah meliputi :

    a) Madiun

    b) Magetan

    c) Ngawi

    d) Ponorogo

    e) Pacitan

    f) Trenggalek

    g) Tulung Agung

    h) Kediri

    i) Nganjuk

    j) Bojonegoro

    k) Jombang

    14) Dinas personel Lanud Abdul Rachman Saleh di Malang, Jawa Timur dengan nomor telepon 0341-401102 untuk daerah meliputi :

    a) Malang

    b) Pasuruan

    c) Probolinggo

    d) Situbondo

    e) Bondowoso

    f) Banyuwangi

    g) Jember

    h) Lumajang

    i) Blitar

    15) Dinas personel Lanud Surabaya di Surabaya, Jawa Timur dengan nomor telepon 031-8667771/2 pswt 207 untuk daerah meliputi :

    a) Surabaya

    b) Bangkalan

    c) Sampang

    d) Pamekasan

    e) Sumenep

    f) Gresik

    g) Sidoarjo

    h) Lamongan

    i) Tuban

    j) Mojokerto

    16) Dinas personel Lanud Sultan Hasanuddin di Makasar, Sulawesi Selatan dengan nomor telepon 0411-553044/92 pswt 273 untuk daerah meliputi :

    a) Propinsi Sulawesi Selatan

    b) Propinsi Sulawesi Barat

    c) Propinsi Sulawesi Tenggara

    d) Propinsi Sulawesi Tengah (minus Buol dan Tolitoli)

    17) Dinas personel Lanud Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara dengan nomor telepon 0431-811077 pswt 29 untuk daerah meliputi :

    a) Propinsi Sulawesi Utara

    b) Propinsi Gorontalo

    c) Buol

    d) Tolitoli

    e) Propinsi Maluku Utara

    18) Dinas personel Lanud Balikpapan di Balikpapan, Kalimantan Timur dengan nomor telepon 0542-761141 pswt 116 untuk daerah meliputi :

    a) Propinsi Kalimantan Timur

    b) Muarateweh

    19) Dinas personel Lanud Sjamsuddin Noor di Banjarmasin, Kalimantan Tengah dengan nomor telepon 0511-4705268 pswt 213 untuk daerah meliputi :

    a) Propinsi Kalimantan Selatan

    b) Propinsi Kalimantan Tengah (minus Muarateweh)

    20) Dinas personel Lanud Pattimura di Ambon, Maluku dengan nomor telepon 0911-348012 untuk daerah Propinsi Maluku dan Maluku Utara.

    21) Dinas personel Lanud Jayapura di Jayapura, Papua dengan nomor telepon 0967-591172 pswt 5017 untuk daerah meliputi :

    a) Jayapura

    b) Merauke

    c) Mulia

    d) Enarotali

    e) Timika

    22) Dinas personel Lanud Manuhua di Biak, Papua dengan nomor telepon 0981-21801 pswt 109 untuk daerah meliputi :

    a) Biak

    b) Serui

    c) Sorong

    d) Fakfak

    e) Manokwari

    f) Wamena

    g) Nabire

    23) Dinas personel Lanud El Tari di Kupang, Nusa Tenggara Timur dengan nomor telepon 0380-881373 pswt 103 untuk Propinsi Nusa Tenggara Timur

    24) Dinas personel Lanud Rembiga di Mataram, Nusa Tenggara Barat dengan nomor telepon 0370-631183 untuk Propinsi Nusa Tenggara Barat

    25) Dinas personel Lanud Ngurah Rai di Denpasar, Bali dengan nomor telepon 0361-751116 pswt 113 untuk Propinsi Bali

    26) Dinas personel Lanud Adisutjipto di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan nomor telepon 0274- 488466/4331603 pswt 5271 untuk daerah meliputi :

    a) Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

    b) Purworejo

    c) Magelang

    d) Temanggung

    e) Semarang

    f) Kendal

    g) Demak

    h) Klaten

    27) Dinas personel Lanud Adi Soemarmo di Surakarta, Jawa Tengah dengan nomor telepon 0271-780240 pswt 9062 untuk daerah meliputi :

    a) Surakarta

    b) Sragen

    c) Karanganyar

    d) Wonogiri

    e) Boyolali

    f) Purwodadi

    g) Kudus

    h) Pati

    i) Blora

    j) Rembang

    k) Jepara.

    l) Salatiga

    3. PEMANGGILAN

    a. Para pelamar yang dipanggil, pada saat menghadap di tempat pendaftaran setempat harus membawa serta:

    1) Surat panggilan.

    2) Surat lamaran yang ditulis tangan sendiri ditujukan kepada:

    Kepala Staf Angkatan Udara

    U.p. Kepala Dinas Administrasi Personel

    Cilangkap

    Jakarta Timur

    3) Akte kelahiran/surat kenal lahir dari Bupati/Walikota.

    4) Daftar riwayat hidup yang ditulis tangan sendiri (formulir dinas).

    5) Membawa semua ijazah asli dan foto kopi mulai SD sampai sekolah menengah terakhir dan DANEM/SKHUN, khusus untuk foto kopi ijazah pendidikan dan DANEM/SKHUN harus sudah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 59 Tahun 2008. Melampirkan foto kopi daftar nilai kumulatif yang telah dilegalisasi dan buku raport asli serta foto kopi raport kelas tiga.

    6) Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Kapolres setempat yang berlaku selambat-lambatnya sampai dengan tanggal 2 Agustus 2010.

    7) Surat persetujuan/Ijin orang tua/wali yang diketahui oleh kepala desa/lurah setempat. Pelamar yang persetujuannya diberikan oleh wali tetapi masih memiliki orang tua, harus disertai surat kuasa penunjukan wali yang ditanda tangani oleh orang tua dan wali serta disahkan oleh kepala desa/lurah sesuai alamat orang tua yang bersangkutan dan wali.

    8) Surat pernyataan belum pernah menikah dan kesanggupan tidak akan menikah selama dalam pendidikan pertama TNI dan pendidikan dasar golongan serta lanjutan yang diketahui oleh orang/wali, kepala desa/lurah setempat serta Kepala KUA/Catatan Sipil.

    9) Surat pernyataan kesanggupan ditempatkan di mana saja di seluruh wilayah Indonesia yang diketahui oleh orang tua/wali serta kepala desa/lurah setempat.

    10) Surat persetujuan/Ijin dari kepala jawatan/instansi bagi mereka yang sudah bekerja.

    11) Kartu keluarga orang tua/wali bagi yang memakai wali.

    12) Bagi yang masih duduk di kelas III SMA/SMK Penerbangan, agar melampirkan raport kelas I s/d III semester I serta membawa surat keterangan dari kepala sekolah bahwa calon adalah siswa kelas III yang terdaftar sebagai peserta Ujian Akhir Nasional.

    13) Pas foto hitam putih terbaru ukuran 4 X 6 cm sebanyak 20 lembar tidak berkacamata dan tutup kepala (negatif/klise dilampirkan).

    b. Semua surat-surat tersebut di atas disiapkan masing-masing 6 (enam) lembar, 1 (satu) lembar asli dan 5 (lima) lembar foto kopi/salinan.

    4. PENDIDIKAN PERTAMA. Calon yang dinyatakan lulus dan terpilih menjadi Karbol Akademi Angkatan Udara akan langsung mengikuti pendidikan dasar keprajuritan di Akmil Magelang, dilanjutkan pendidikan pertama di AAU Yogyakarta selama empat tahun.

    5. PENGANGKATAN PERTAMA. Setelah lulus dari pendidikan pertama diangkat menjadi perwira dengan pangkat Letnan Dua dan diarahkan untuk korps/jurusan:

    a. Penerbang/Navigator

    b. Teknik Pesawat terbang

    c. Elektronika

    d. Pembekalan

    e. Administrasi

    f. Pasukan

    g. Pomau

    h. Khusus

    6. LAIN-LAIN

    a. Selama mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pemeriksaan/pengujian, terhadap para calon Karbol Akademi Angkatan Udara tidak dipungut biaya apapun.

    b. Formulir pendaftaran dan lainnya disediakan di panda setempat.

    c. Tidak menerima calon yang melakukan perbaikan DANEM/SKHUN dengan cara sudah lulus dari satu sekolah kemudian pindah dan ikut ujian di sekolah lain.

    d. Keterangan lebih rinci dapat diperoleh di tempat pendaftaran.

    Dikeluarkan di Jakarta

    Pada tanggal Januari 2010

    A.n. Kepala Staf Angkatan Udara

    Asisten Personel

    Sukirno KS, S.E. MM

    Marsekal Muda TNI

  11. BAGAI MANA SOLUSINYA

  12. kalo saya ambil D3-ato S1 umursaya udah lewat dari 22 tahun dong sekarang umur saya 19 tahun

    • konsen said

      Usia pada saat masuk pendidikan maksimal 32 tahun untuk profesi dokter, Apoteker dan Psikolog, 27 tahun bagi yang berijazah S.1 dan 25 tahun bagi yang berijazah program D.3.

  13. terimakasi atas solusinya

  14. jurusan kuliah nya apa untuk S.1 dan S1

  15. saya jurusan TIK TEKNOLONGI INFORMASI KOMPUTER .apakah saya bisamasuk kalo saya
    masuk jurusan ambil jurusan elekteronika komputer
    kan tidak nyambung pak mungkin informatika saja
    ya pak……………………….?

  16. ifan said

    tidak kehilangan hak untuk menjadi perajurit tni itu maksutnya apa pak

  17. nugraha said

    sya lulusan MAN jurusan IPS.
    ap ad kesempatan untuk jurusan tersebut??

    jika tidak,saya ingin tw alasannya,..

    (tambahan):
    jika berhubungan dengan ilmu pasti mungkin anak IPS kurang begitu mumpuni.
    tp ap tidak ada untuk administrasinya ato sejenis seseuai Ilmu Sosial??

    • konsen said

      Untuk jurusan IPS tidak bisa. Karena menurut saya TNI AU menangani alautsista yg canggih yang semua berhubungan dengan teknik, jadi harapannya semuanya nanti punya dasar IPA. Kalo jurusan IPS tentu tidak akan nyambung mas…TNI AU juga membuka pendaftaran Pwerwira PK (Prajurit Karier), nah dari sini di ambil perwira-perwira untuk bidang kesehatan, hukum, dsb. Kalo mau daftar Pa PK masnya harus kuliah dulu…bisa D-3 atau S-1. Gmn mas? masih berminat?! Tetap semangat yaaa!

  18. mau tanya lagi nie bos….!!!!!!!!!!
    apakah dalam seleksi calon taruna AAU
    ada syarat-syarat khususnya seperti harus memiliki prestasi khusus dalam bidang ini…????
    terus saya kan umurnya belum cukup untuk mendaftar menjadi calon AKABRI AAU pada saat lulus sma nanti….
    terus apa yang harus saya lakukan selama 1 tahun setelah saya lulus bos?????
    apa saya harus mengikuti kegiatan-kegiatan atau kursus-kursus yang bisa menunjang saya agar dapat lolos dalam seleksi AAU pada tahun berikutnya nanti…?????
    oHH iya….mo tanya lagi…??
    seleksi pendaftaran AAU ini apa setiap tahun ada???
    atau hanya berapa tahun sekali…..!!!!!!!!!!

    • konsen said

      Syarat-syarat khusus tidak ada…trus kalo umur belom cukup yaa harus nunggu setahun lagi…sambil nunggu yaa mending kerja, bisnis, ato kursus juga boleh terutama kursus komputer dan bahasa inggris akan lebih berguna…karena kedepan sangat dibutuhkan di bidang IT dan Bahasa untuk penunjang ke luar negeri tapi jangan lupa persiapkan kesehatan, fisik, mental dan akademis untuk ikut test biar bisa masuk 10 besar!. Seleksi selalu ada tiap tahun…tidak mungkin tidak ada…selalu!

  19. franklyn wanma said

    mau tanya ne bos….!!!!
    seleksi untuk menjadi karbol AAU itu di lakukan sebanyak berapa kali…..???????
    apakah seleksi pertama dilakukan di lanud terdekat terus setelah lulus seleksi pertama akan di lakukan seleksi ulang di markas besar TNI AU lagi bos????
    mohon penjelasannya……

    • konsen said

      seleksi biasanya dilakukan 2 kali…pertama di lanud masing2 daerah…kemudian ke-dua seleksi pusat yg dilakukan di AAU, Adisucipto Yogyakarta

  20. Alie said

    Izin bertanya Dan,…. Saya kuliah D3 jurusan Manajemen Transportasi Udara…Sekiranya bisa tdk untuk daftar Perwira PK? Kira2 ada persyaratan khusus lainnya tidak? Trima Kasih….

  21. HANS said

    kalau boleh tau pak tamatan smk bisa g pak……..??????????//

  22. REZA said

    salam sejahtra pak sukarwan saya seorang siswa sma kelas 12 di kalimantan timur, karena cita2 saya dari kecil dan sumpah saya setelah lulus SMA berniant untuk menjadi TNI AU dan dari semua persyaratan yang saya baca saya rasa saya sudah memenuhi semua persyaratan tetapi hanya satu hal yang menghambat saya yaitu persyaratan batas umur 18 tahun sedangkan saya baru berumur 17 1/4 tahun bisakah saya mendapat pengecualian. mohon balasannya pak

    • Sukrawan said

      Kalo masalah umur adalah permasalahan administrasi, yang mana persyaratan administrasi adalah persyaratan pertama yang harus dipenuhi. Untuk umur ini tidak boleh kurang meski hanya 1 hari dari hari yang ditentukan…tidak ada pengecualian. Mungkin bisa mencoba tahun depannya…sembari terus mempersiapkan diri. Diambil hikmahnya, sabar saja…

  23. REZA said

    Ya sudahlah pak, kayaknya ini hikmah tuhan jadi saya mau ambil kuliah dulu , kira-kira jurusan apa ya yang nyambung dan cocok dengan tni ?

  24. Sukrawan said

    Tergantung targetnya mau masuk TNI apa?

  25. REZA said

    yah saya mau menjadi TNI AU. karena paman saya juga TNI AU tetapi sudah wafat sejak saya kecil. kira 2 jurusan apa yah yang cocok otomotif, teknik elektro atau teknik mesin cocok ya pak ?

    • Sukrawan said

      Teknik Elektro lebih cocok…teknik mesin juga bisa…nanti masuk ke mesin pesawat (avionik)

      • aerosol said

        Pak sukarwan kalau untuk menjadi anggota tni melalui pendaftaran AKMIL tidak lulus administrasi, lalu adakah jalan lain untuk bisa menhjadi anggota tni
        selain AKMIL ?

      • Sukrawan said

        Untuk menjadi Perwira TNI: AKMIL untuk masuk jadi Taruna Angkatan Darat, AAL Surabaya untuk Taruna Angkatan Laut, AAU Yogyakarta untuk masuk Taruna Angkatan Udara. Ada juga lewat jalur Perwira PK.

  26. octo said

    apakah jurusan ips bisa masuk akabri angkatan udara.

  27. fauzi said

    bos mau nanya,
    untuk pendaftaran taruna tni al tangal berapa ya ?

  28. pak mau nanya untuk pendaptaran tni au 2012kapan dibuka terus jurusan ips bisa masuk ngga ???????????///

  29. wili said

    sore om, saya dri smk.pnb apakah tahun 2014 nanti smk.pnb masih bisa daftar AAU tlong d jawab ya’!! krn sy masi blum umur 18 skrg adja umur saya masi 15 alias kls 2 jurusan airframe and powerplant

  30. sae bagus sujono said

    assalamualaikum.wr wb
    pak citacita saya ingin menjadi pilot temput , saya masi kelas 1 sma pak . apa saja yang harus saya persiapkan dari sekarang agar nanti nya saya bisa masuk AAU pak .
    makasih pak .

    • sae bagus sujono said

      pilot tempur mksud saya pak .

      • Sukrawan said

        Maaf baru balas..internet di MTB Saumlaki agak lelet. Saya coba balas pake handphone, indosat lelet. Kalo mau jadi pilot tempur yang pertama harus lulus AAU dulu, entar seleksi masuk Sekolah Penerbang / Sekbang, ntar di dalam Sekbang sendiri ada seleksi lagi cocoknya jadi pilot apa (Tempur, angkut, ato heli). Yang perlu disiapkan menurut saya sich fisik, mental, kesehatan, dan akademis yg bagus. Trus usahakan sebelum masuk AAU sudah jago nyetir mobil, untuk melatih bakat. Trus kalo punya, latihan game flight simulator dengan joystick. Latihan take off landing aja.

  31. rizki eka said

    kenapanya gk ada di lanud sulaiman ? biar gk jauh

  32. riswan said

    assalamualaikum…. berapa batas umur maksimal untuk sepaPK

  33. rieval erlanga said

    assalamualaikum pak kalau lulusan SMKN penerbangan bisa tidak untuk menjadi calon taruna akademi angkatan udara ?

    kalau tidak bisa tolong di jelaskan ?

  34. fitriani said

    mau tanya pak. .kalau mau jadi perwira/wara,kra2 kalau gigi belakang bolong gmana ya?

    • Sukrawan said

      G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ apa2 yang penting ditambal atau dicabut sehingga G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ menyebabkan sakit pada saat menjalani pendidika

  35. Ninda said

    apa wanita lulusan smk jurusan AKUNTANSI bisa menjadi wanita angkatan udara ?

  36. Jika Mempunyai Cita-cita sebagai Pilot, tetapi Sekolah SMK jurusan AKUNTANSI apa bisa mencalonkan sebagai seorang Pilot di Sekolah AKABRI??? Mohon di Konfirmasinya???

  37. Ricco said

    permisi pak. saya mau numpang tanya
    kalo SMK negeri jurusan Mesin bisa masuk AAU?Trmksh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: