Life is about choice

Do your best or nothing, No change no future, No pain no gain…

Disable program tertentu di Windows XP

Posted by Niyamabrata pada Juli 27, 2009

images

Ada beberapa aplikasi yang berpotensi membahayakan sistem. Untuk urusan yang seperti ini biasanya kita menyerahkan “nasib” pada program antivirus, firewall dan sejenisnya.
Repotnya, tidak semua aplikasi berbahaya bisa ditangkap oleh program-program semacam itu. Akan lebih baik kalau kita bisa memblokir sendiri aplikasi-aplikasi yang berbahaya tersebut. Belum lagi jika kita dikantor. Dan juga jika kita menginginkan komputer kantor kita tidak disalahgunakan untuk main game maka kita bisa blok secara manual saja.

Berikut ini adalah caranya:

  1. Jalankan Registry Editor.
  2. Pada jendela Registry Editor masuklah ke key HKEY_CURRENT_USER-Software-Microsoft-Windows-CurrentVersion -Policies-Explorer.
  3. Buat DWORD value baru dengan mengklik kanan mouse lalu pilih [New] > [DWORD Value] dan beri nama DisallowRun.
  4. Klik dua kali data tersebut kemudian isi valuenya dengan nilai 1.
  5. Download registry here

  6. Setelah itu buat sebuah subkey baru bernama DisallowRun sehingga terbentuk key: HKEY_CURRENT_USER-Software-Microsoft-Windows-CurrentVersion -Policies-Explorer-DisallowRun.
  7. Pada key DisallowRun tersebut, Anda dapat mendefinisikan nama file aplikasi yang ingin Anda blok. Caranya, buat string value baru dengan mengklik kanan mouse lalu pilih New > String Value. Beri nama string value tersebut dengan angka 1. Untuk memblok aplikasi-aplikasi lain Anda dapat membuat string value baru dengan angka lain secara berurutan, seperti 2, 3, 4, dan seterusnya. Kemudian pada value datanya isikan dengan nama file yang ingin Anda blok, misalnya regedit.exe.
  8. Setelah melakukan langkah-langkah tadi, restart Windows Anda.
  9. Buat yang malas ikuti langkah 1 – 7 di atas, bisa tinggal mendownload registry di atas, dan edit/tambahin sendiri aplikasi yang ingin di block dengan text editor/notepad…

3 Tanggapan to “Disable program tertentu di Windows XP”

  1. konsen said

    Jika ingin menambahkan list program yg mau di-blok bisa langsung meng-edit registry dari file registry tersebut. N.B: untuk program yg dijalankan oleh aplikasi lain seperti Internet Download Manager (IDM) tidak bisa diblok dengan cara ini. IDM masih bisa dijalankan oleh Mozilla Firefox meskipun program ini masuk dalam list blocked registry di atas…

  2. dedi8 said

    bagus sekali caranya… tp g coba kedua nya dak bisa …
    pke ke registar editor malah dak bisa.
    sekali pas buat subkey disallowrun gak diperbolhkan ni…
    jd gimana

  3. konsen said

    Sorry, ada yang kurang dimasukkinnya pada file registry yg bs download di atas…sekarang sudah di tambahkan, download aja lagi yg di atas…pasti bisa!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: