Life is about choice

Do your best or nothing, No change no future, No pain no gain…

Cara membuat Sambal Bongkot

Posted by Niyamabrata pada Agustus 29, 2009

Cara pembuatan sambal bongkot mirip dengan sambal serai, hanya saja batang serai diganti dengan rajangan bongkot. Apa sih bongkot itu?
Tanaman Bongkot (Etlingera elatior) dikenal pula dengan nama Combrang (Jawa Tengah), Honje (Sunda), Unji (Sumatera Selatan) atau dalam bahasa melayu/Indonesia disebut kantan. Orang Inggris menyebutnya Torch Ginger. Tanaman dengan bau harum agak menusuk ini umum digunakan sebagai bumbu dapur di daerah Asia Tenggara. Tidak semua orang menyukai bau harus bongkot, karena bagi sebagian orang baunya mengingatkan pada bau kutu busuk atau tinggi (Jawa Tengah). Saya pribadi sangat menyukai bongkot.

Untuk membuat sambal bongkot, dapat memanfaatkan kuncup bunganya atau rebungnya. Saya lebih menyukai rasa rebungnya walaupun kuncup bunganya juga tidak kalah lezat. Gunakan 3 atau 4 kuncup bunga atau rebung bongkot yang dirajang halus.
Ingredients:
bahan untuk dihaluskan:
5 gram terasi bakar (paling gampang pake terasi yang sudah dipack kecil-kecil)
1 sendok teh garam (peres lho, nanti terlalu asin)
3 siung bawang putih

bahan untuk dirajang (ukuran rajangan sesuai selera):
5 butir bawang merah
5 cabe pedas (bentuknya kembung umumnya berwarna orange)
2-3 lembar daun jeruk purut dihilangkan tulang daunnya sebelum dirajang
3-4 batang rebung bongkot/combrang atau bunga combrang dirajang halus

bahan untuk mencampur:
5 sendok makan minyak klentik (kelapa), jika tidak ada bisa gunakan minyak kelapa pabrik atau minyak kelapa sawit (dengan konsekuensi penurunan rasa)

(mohon jangan ditiru jenis cabenya, karena kebetulan ga ada, jadi pake cabe merah keriting, kekurangannya, rasa kurang pedas dan agak pahit)

Directions:
Bumbu/bahan yang dihaluskan ditumis sampai harum, masukkan rajangan combrang (rebung atau bunganya) dan daun jeruk purut, lalu diaduk (dicampur) sampai rajangan combrang agak lunak. Masukkan cabe rajang dan bawang merah rajang, matikan api, dan campur hingga merata. Siap sajikan. (sumber:http://ivanorma.multiply.com/recipes/item/3)

4 Tanggapan to “Cara membuat Sambal Bongkot”

  1. kumz said

    kalo ditambahin teri medan yang kecil kecil tu gan, tambah mak nyos!! coba aja

  2. terima kasih infonya

  3. terima kasih infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: