Life is about choice

Do your best or nothing, No change no future, No pain no gain…

Tahukah anda, ukuran kertas A4 dan F4 Bola Dunia berbeda dengan Setting Size MS office? Akibatnya apa?

Posted by Niyamabrata pada Desember 29, 2009

Mungkin semua sudah tahu kertas A4 dan F4 yang sering kita pakai sehari-hari baik di kantor maupun di rumah, ternyata ukuran real kertas yang biasa kita beli pakai tidak sesuai dengan ukuran dari pabrik yang tertera di bungkusnya serta dengan ukuran dari setting-nya di MS Office 2007.

Ukuran kertas adalah sebagai berikut :

Jenis Kertas Size dari MS Office Ukuran Dari Hasil Pengukuran Manual Ukuran  Dari Keterangan Pabrik Keterangan
A4 (21,0 x 29,7) cm (21,1 x 29,7) cm (21,0 X 29,7) cm
F4 (21,59 x 35,56) cm (21,1 x 33,0) cm (21,5 x 33,0) cm Size Legal Di MS Office

Nah sekarang apa yang terjadi jika kita mau nge-print akan tetapi kita men-setting ukuran kertas di MS Office tidak sesuai dengan ukuran kertas dari hasil pengukuran manual? Ya…benar!, hasil print kita tidak akan maksimal dalam arti rata kiri, rata kanan, atas dan bawah akan aneh. Mungkin bagi sebagian orang ini tidak masalah akan tetapi bagaimana dengan yang sebagian lainnya? yang dalam hal ini membutuhkan ketelitian dan kerapian dalam pengetikan dan pencetakan…tentu ini adalah masalah besar. Pengalaman saya dulu sewaktu mencetak tugas akhir, saya lupa belum tahu untuk setting awal yang bener, langsung saja saya pilih A4 hasilnya memang gak jauh beda, tetapi begitu saya rubah ke kertas dengan size legal dan saya menggunakan kertas F4…hasilnya payah. Saya harus ng-edit lagi…capek juga khan.

Kemudian pengalaman kejadian yang lain pada saat mencetak gambar kotak dengan ukuran yang saya inginkan misalnya membuat kotak berukuran (3 x 4) cm, jika saya tidak setting ukuran kertas yang saya pakai sesuai dengan ukuran kertas aslinya hasil pengukuran maka ukuran kotak hasil print tidak akan sesuai…buktikan saja sendiri kalau tidak percaya!

Saran saya, sebelum kita ngetik, apalagi mau ngetik Tugas Akhir yang sangat banyak halamannya harap disetting dulu ukuran kertas yang digunakan dengan benar sehingga kita tidak kerja dua kali sewaktu nge-print.

Sekian dulu, jika ada yang ingin memberikan masukan silahkan. Semoga bermanfaat. Terimakasih

Oya, bagaimana dengan ukuran setting kertas di MS Office 2010 yaa? mungkin sudah ada yang mencoba?

36 Tanggapan to “Tahukah anda, ukuran kertas A4 dan F4 Bola Dunia berbeda dengan Setting Size MS office? Akibatnya apa?”

  1. Azien said

    terima kasih sdah ada nya pemberitahuan tentang ukuran yang selama ini saya bingungkan dalam pemakaian dan pengukuran Microsoft Office…
    tapi yg ign sy cr t adlh untuk Microsoft Office 1997-2003… Apakah sma sj settingannya?!
    ats smuanya trima ksih…

  2. konsen said

    menurut saya sama saja…meskipun saya sendiri belum nge-cek secara langsung…kecuali yang anda tanyakan untuk office 2010. Dalam hal software gak mungkin yng benar dibuat salah lagi..pasti yang salah dibenerin…klo gak percaya coba saja cek sendiri…ntar hasilnya sharing di siini..soalnya office saya 2007

  3. Syarif said

    Betul banget thu.. kalau penagalaman saya sebelum mengetik untuk ukuran F4 sebaiknya ukurannya disesuaikan sendiri.. caranya buka Page Setup klik paper.. pada Paper Size ketik width : 21,1 cm dan Height : 33,0 cm.. lalu klik ok.. untuk marginnya bisa disesuaikan dengan keperluan.. untuk semua versi MS Office caranya sama..

    • konsen said

      Thanksss…udah mampir…jarang orang perhatikan ini…liat aja di google…yang posting ginian cuma sayaaa hahahaha yessss..topik baru khan di dunia per-cyber-an…

  4. AA Afandi said

    wuihh… bener to Mas???
    baru tau saya. makasih infonya… [skalian mnta artikelnya… :D]

  5. bryan said

    teliti sekali nih… ampe diukur manual…
    Good Luck!

  6. Dadhan said

    Thanks y Boss.. tpi kalau untuk di excel sama g a ya?…

  7. ari said

    kan ada kertas A4S mas, artinya A4 Senior, kayaknya lebih lebar dan tingiian 1 cm an dari yang A4,.

  8. Mas..saya tadi mau cari ukuran kertas cetak foto sbenarx ..ehhh malah ..nyasar …
    tapi nyasar yg nguntung kn bnget ….hahaha
    Kalau sma kertas utk cuci foto apa ukuranx sma jga ???
    thank’s ….

  9. budi said

    setahu saya ukura F4 itu emang 33 cm. jadi F4 tidak sama dengan LEGAL

  10. ansor ark said

    Kalau office 2010 secara default sudah ada ukuran folio / japanese legal..
    gak usah setting lagi

  11. yusuf said

    Jelas-jelas tidak sama antara F4 dengan LEGAL.
    Ya kita setting aja di properties printernya.
    Beres Kan..

  12. Rakyat Jelata said

    Untuk membuat dokumen dg ukuran kertas F4 pada MS Word bisa diatur dg ukuran Custom. Artinya kita tulis manual pada box width & Height nya. F4 spt pada list diatas adalah (211 x 330) mm. Pd saat nge-print jangan lupa diatur juga ukuran Outputnya, disamakan dg ukuran dokumen yg kita buat. Setting Output Default Printer biasanya adalah kertas Letter. Kalo ‘ga dicocokin ama settingan dokumen, hasilnya bakalan jauh dari yg kita harapkan. Hal spt ini biasanya yg jarang kita perhatikan.
    Hal penting lainnya adalah merk komputer. Pilih printer yg bisa mencetak dg margin seminimal mungkin, kalo perlu yg borderless. Maksudnya printer mampu mencetak sampai ujung kertas. Hal ini penting kalo dokumen yg mau kita cetak terdapat Header & Footer, yg biasanya ditulis mendekati ujung kertas (kalo saya biasanya berjarak 0.5 cm dari ujung atas/bawah kertras). Dokumen kita ‘ga bakal tercetak sempurna kalo printer hanya bisa mengakomodasi margin 1 cm +. Tulisan yg berjarak kurang dari 1 cm ga akan kena cetak. Sepanjang pengalaman saya, printer yg ‘ga ada masalah ama margin (Terlepas dari kualitas cetaknya) adalan Canon (maaf bukan promosi). Printer ini mampu mencetak borderless (sampai ujung ketas). Sebaliknya, Printer yg punya masalah ama margin adalah HP. Jangan harap Header & Footer yg mepet ke ujung bisa tercetak. Tapi kembali kepada anda. Tinggal kita pinter-pinter mengatur dokumen dan setingan printernya agar hasil cetakkannya sesuai dg yg kita harapkan. ………….. Terimakasih.

  13. wendi said

    BOS NUMPANG CHIT CHAT….
    KLO LEGAL ITU UKURANNYA 21,59 X 35,56 CM, SEDANGKAN F4 21,5 X 33 CM

  14. radi said

    makasih…

  15. saru said

    sotoy [dot] com masa bandingin F4 sama legal yah emang jelas beda mas bro

  16. Babon said

    Kalau MS Office 2011 sama aja kan formatnya sama yang Ms lainnya? Gua gaada ukuran F4 di laptop gua bro. Kok di tiap web beda-beda ya, ukuran asli F4. Sebenernya ukuran asli F4 atau umumnya yang mana ya bro?

  17. ika said

    Ukuran Legal itu emang berbeda gan, dengan F4 atawa kita mungkin kenal dengan ukuran Folio. Dan repotnya di settingan standar printer biasanya ga ada pilihan F4, jd emang harus custom setting. Yg lebih repot kalo pake printer yg ga ada pilihan custom setting. Mau ga mau harus pilih Legal trus trial-and-error deh tuh buat mendapatkan margin bawah yg paling pas.🙂

    • kent said

      F4 ukurannya 21cm x 33cm. sedangkan yang 21cm x 35,5cm itu legal. tolong dibedakan.
      kalau yang pakai S (A4S atau F4S) lebarnya lebih lebar sekitar 0,5cm

  18. thanks … izin share ya

  19. cah bagus said

    intinya, yang punya blog ini gak bisa bikin custom size di ms office.

  20. Keselahan pengguna selama ini sebenarnya bukan masalah A4 dengan F4nya yang saya lihat… tapi menyamakan ukuran Legal yang di MS office dengan F4….
    Sebenarnya yang perlu diketahui ukuran antara F4 dengan Legal apakah sama? jawabannya “TIDAK”. Letak perbedaannya dipanjang kertasnya… Kalau F4 panjangnya 33cm atau 13Inch sedangkan Legal ukuran panjangnya 14Inch.

  21. Surteti said

    Tapi kalo kertas itu f4 trus f34 dan aljabar disatukan dalam fisika quantum saat co2 juga berkembang jadi kertas f4 itu dikatakan sedrajat dgn fisika yang di biologi kan gitu loh ,, tapi ada satu hal yang aneh yaitu quantum rx3qz2 itu gak sama dgn morphologi al jabar

  22. maliki said

    F4 mang ada ukurannya sendiri, bukan legal. F4 itu folio dan ukurannya memang segitu. Di Ms Word memang tidak ada settingan awal untuk kertas F4 jadi harus tambah manual. Kalo legal salah satu ukuran kertas standar Amerika. Mohon dicek ulang.

  23. Celine Rita said

    Tolong kalo informasinya belom jelas jangan bikin post dulu ya. Dari jaman batu (atau bahkan jaman praaksara) kertas F4 sama Legal itu jelas berbeda. Ya kertasnya aja beda, ya pasti ukurannya juga beda. Microsoft Office itu kan buatan US, dan kertas Legal itu ukurannya biasa ditemukan di US. Sedangkan di Indonesia jarang. Makanya kalau mau ukuran F4 harus setting manual terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: