Life is about choice

Do your best or nothing, No change no future, No pain no gain…

Tips Sebelum Membeli Handphone Baru

Posted by Niyamabrata pada Juli 31, 2010

Adapun tips-tips yang harus diperhatikan sebelum membeli handphone baru adalah :

1. Dana
Satu hal yang paling penting dalam memilih ponsel bekas adalah menyesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang tersedia. Sebelum melakukan penawaran sebaiknya anda mengetahui harga baru ponsel tersebut di pasaran, bandingkan harga penawaran ponsel bekas tersebut dengan harga ponsel baru di pasaran.
2. Garansi Ponsel
Periksa apakah ponsel bekas atau second tersebut masih dalam masa garansi, biasanya ponsel yang masih bergaransi adalah ponsel yang belum berumur lebih dari setahun dari tanggal pembelian tangan pertama, lebih baik anda memilih membeli ponsel yang masih dalam keadaan bergaransi, karena lebih terjamin keadaan ponselnya. Namun apabila masa garansi ponsel tersebut sudah habis atau tidak ada garansinya lagi maka anda harus lebih teliti lagi dalam memeriksa keadaan ponsel bekas yang akan anda beli. Pastikan juga bahwa ponsel tersebut bukanlah ponsel curian dengan melihat kelengkapan dari ponsel bekas tersebut yang meliputi: dos beserta buku panduan yang disertakan pada ponsel, juga aksesori pelengkap yang terkadang juga disertakan saat membeli ponsel baru, misalnya: handfree.

3. Non-garansi atau Black Market (BM)
Jangan membeli ponsel yang black market (BM), karena resikonya sering terjadi jamper pada PCB nya dan apabila dimasukkan file program (flash) originalnya pada bagian software-nya sering terjadi “Contact Service” dan kerusakan lainnya serta terkadang tidak bias dikembalikan seperti semula sehingga ponsel tersebut tidak bisa dipakai sama sekali (matot).

Ini kejadian sama temen saya, Edo, dia membeli Nokia N97 di roxy jakarta. Harganya waktu itu sekitar 5,2 jt. Di gerai Nokia resmi harganya masih 5,4 jt, tapi dia dikasi harga 5 jt pass…Dia kira penjualnya salah ngasi harga…ternyata begitu saya liat N97 nya BM. Seandainya suatu saat terjadi kerusakan dan harus diperbaiki maka dia hanya bisa claim pada garansi toko tempat dia beli, Nokia Service Center tidak akan mungkin mau menerima. Akibatnya tentu akan lama.

4. Kondisi Fisik
Periksalah kondisi luar maupun dalam ponsel apakah masih dalam keadaan baik dan yang terpenting tidak cacat. Sebaiknya anda juga membuka casing ponsel tersebut untuk memastikan apakah ponsel tersebut pernah terjatuh ataupun pernah diperbaiki (servis). Perhatikan kondisi LCD apakah masih dalam keadaan baik atau sudah buram, juga periksa keoriginalannya. Setelah anda memeriksa kondisi ponsel, maka selanjutnya hidupkan ponsel, coba semua tombol-tombol pada keypad apakah ada yang macet ataupun malah tidak berfungsi. Cobalah menekan sembarang tombol angka pada keypad sebanyak mungkin dan pastikan ponsel tidak hang. Lalu pastikan fungsi-fungsi pada menu semua berfungsi dengan baik, misalnya: ringtone, getar, dan lain-lain

5. Sinyal
Pastikan sinyal ponsel masih baik. Coba bandingkan ponsel yang sejenis dengan kartu jaringan yang sama pula. Jika ponsel saat anda coba tiba-tiba mati sendiri maka berhati-hatilah, ponsel tersebut bermasalah, hal ini bisa disebabkan battery maupun IC Power-nya lemah

6. Nomor IMEI
Periksalah dengan seksama apakah sama semua antara nomor IMEI pada ponsel (biasanya tertera di bagian belakang ponsel/dibalik battery), nomor IMEI pada program ponsel(mesin ponsel) dan nomor IMEI yang tertera pada dos ponsel. Hal ini dilakukan adalah untuk mempermudah anda untuk menjual kembali ponsel ini dikemudian hari sebab nomor IMEI sudah cocok semua.

7. Battery
Battery yang disertakan pada beberapa ponsel bekas tentunya mempunyai daya hidup (life time) yang lebih pendek, misalnya waktu jaga (stan-by) dan waktu bicara (talk-time) akan lebih pendek. Lain halnya jika battery ponsel tersebut masih baru atau anda belikan battery baru. Untuk menguji battery maka lakukan panggilan dengan menggunakan ponsel tersebut untuk menelepon seseorang atau melakukan panggilan bebas pulsa dalam jangka waktu yang lama.

8. Charger
Perhatikan charger-nya. Biasanya yang tidak original lama proses charger-nya, sebaliknya yang original cepat proses charger-nya. Fisik charger yang original lebih berat dibandingkan dengan yang tidak original. Kabel original lebih panjang dibanding yang tidak original.

9. Sparepart
Sebaiknya anda memilih ponsel yang memiliki jaringan servis yang banyak, hal ini mempermudah anda dalam memperbaiki kerusakan yang mungkin terjadi saat anda menggunakan ponsel tersebut, demikian juga dengan ketersediaan suku cadang/sparepart ataupun aksesori ponsel yang lengkap.

Jika anda sudah membaca tips-tips di atas maka anda siap untuk berangkat mencari handphone yang anda inginkan. Eeeiit..STOP DULU, anda jangan langsung berangkat ke tempat jual beli handphone seperti Roxy, dan tempat sejenisnya yang ada di kota anda…Saran saya, coba anda lihat-lihat dulu handphone yang mau anda cari di Gerai Nokia, Blackberry, dan Gerai-Gerai resmi lainnya. Knapa? karena di sana anda akan bisa langsung mencoba handphone yang anda inginkan. Beda halnya dengan membeli langsung di toko. Terutama handphone yang belum pernah anda punya sebelumnya. Gerai-Gerai tersebut menyiapkan berbagai jenis handphone yang mereka jual untuk dicoba. Pastikan anda mencoba handphone idaman anda, yakinkan benar-benar anda sreg dengan pilihan anda. Jangan sampai menyesal…

Jika anda sudah puas mencoba-coba  dan sudah memutuskan mau membeli handphone yang mana maka anda siap untuk berangkat mencari handphone idaman anda di toko-toko seperti Roxy dll. Biasanya handphone di toko memiliki harga lebih murah dari handphone di Gerai Resmi. Akan tetapi garansinya tentu garansi Toko, tapi tak jarang juga mereka menyediakan yang garansi Resmi. Selamat berburu….!

Oya sedikit informasi harga handphone :

(Harga di Gerai Nokia Jakarta per 31 Juli 2010)

Nokia N900 —–> Rp. 4.800.000,-

Nokia N97  —–> Rp. 5.200.000,-

Nokia N97 mini—-> Rp. 4.200.000,-

Sumber : mmionline

2 Tanggapan to “Tips Sebelum Membeli Handphone Baru”

  1. […] Tips Sebelum Membeli Handphone Baru […]

  2. bagus said

    terima kasih tipsnya insya ALLOH bermampaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: