Life is about choice

Do your best or nothing, No change no future, No pain no gain…

Cara Membuat file ISO dengan Power Iso, Nero, Alcohol 120%, dan Magic ISO

Posted by Niyamabrata pada Agustus 6, 2010

POWER ISO

berikut langkah-langkah membuat file iso menggunakan Power Iso  :

Clip_2

  1. Download Power Iso 5.7 atau Power Iso 5.6
  2. Install Power Iso
  3. Masukkan CD/DVD yang akan dibuat menjadi format image (*.iso, *.nrg, *.daa, dll)
  4. Jalankan Power Iso
  5. Pilih Menu Copy seperti terlihat pada gambar di bawah. Maka akan keluar seperti pada gambar berikutnya.
  6. Pilih Destination file (mau jadi filo image dengan format *iso) maka pilih iso
  7. Pilih lokasi penyimpanan file iso dengan klik menu … spt gambar di bawah
  8. Setelah itu klik ok. Maka proses peng-copy-an CD ata DVD menjadi file image (*.iso) akan berjalan…

Clip_3 Clip_4

Clip

Dengan Nero

berikut langkah-langkah membuat file iso menggunakan Nero 9 :

  1. Install Nero 9
  2. Masukkan cd data yang akan kita buat menjadi iso
  3. Buka nero 9 start smart
  4. Pilih “Rip and Burn” setelah itu klik “copy disc”
  5. Pastikan letak “source drive : Hardware DVD anda” dan “destination drive : Image disc”
  6. Setelah itu klik “next” dan save dengan format nrg
  7. Setelah itu rubah file nrg tersebut menjadi iso dengan software anytoiso
  8. Selesai

Dengan Magic Iso V5.5

  1. Install program/aplikasi Magic Iso.
  2. Siapkan CD/DVD yang mau dibikin image-nya.  Setelah itu masukkan dalam CD/DVD drive anda.
  3. Jalankan program Magic Iso V.5.5
  4. Setelah itu pilih tab Tools lalu pilih Make Iso from CD/DVD Room, nanti akan muncul kotak dialog.
  5. Pilih CD/DVD driver-nya, lalu pada bagian Output File (pilih tempat hasil file image tadi diletakkan setelah selesai dibuat jangan lupa juga kasih nama). Kemudian pada bagian Output Format, pilih format yang diinginkan (ISO, UIF, BIN/CUE, atau NRG) tapi kebanyakan orang yang dipake adalah format ISO. Setelah dipilih, tekan OK.
  6. Tunggu beberapa saat sampe proses selesai.
  7. Good luck!

Dengan Alcohol 120%

Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Install Alcohol 120% di atas
  2. Masukkan CD ke dalam drive dan jalankan program alcohol.
  3. Pilih menu Image making wizard
  4. Lalu set CD/DVD device sesuai yang digunakan, kecepatan sesuaikan dengan kebutuhan. Dengan kecepatan maksimum akan mengurangi waktu, sedangkan dengan kecepatan biasa kemungkinan gagal akan lebih kecil (jika anda tidak yakin bahwa CD dalam keadaan baik) namun mengurangi beban CD ROM Drive.
  5. Pilih direktori, nama, dan jenis ekstensi file akan ditempatkan.
  6. Tunggu sampai proses selesai…

44 Tanggapan to “Cara Membuat file ISO dengan Power Iso, Nero, Alcohol 120%, dan Magic ISO”

  1. nickofm said

    klw pke nero 6.0 gmn mas ? krna >> Pilih “Rip and Burn” setelah itu klik “copy disc” gak ada

  2. Sukrawan said

    hehehe…maaf gak pernah pake nero 6. Pake aja nero 7 ato 8

  3. ok mantap……..tapi takut salah kasih tutorialnya ke email saya bayuhariseftiawan@yahoo.co.id

  4. […] file ISO Windows 7 (Bisa dibuat dari DVD Windows 7 atau download). Cara buat Iso lihat di sini. Anda bisa membuat file ISO WIndows 7 dengan menggunakan DVD Windows 7 yang di-copy dengan […]

  5. mazeseven said

    what?? emank bisa ya file nrg nero tinggal di-rename langsung jadi iso gitu?? kok gampang amat?? setahu saya, harus di convert dulu pake software khusus nrg -> iso mas… CMIIW

    • Sukrawan said

      hehe…thanks atas koreksinya…mungkin saya buatnya sambil tidur kalii nih postingan…tapi seinget saya saya pernah buat flashdisk bootable dari file nrg yang saya rename saja menjadi iso…(karena mintanya file iso…bikinnya sambil mabook)…ehh tanpa disangka kok bisa…hehehe…jadi tuh fd bootable..mungkin itu maksud saya. Biarpun saya namai tuh file dengan extensi nrg, iso, atopun xxx…yang penting software yang kita gunakan untuk membaca tuh file udah support baca berbagai jenis extensi…so no problem…begitu membaca header file tersebut udah tau tuh software bahwa itu file dengan extensi iso dan lain2…

  6. krisna said

    mas kalo mau bikin file iso dari kaset ps2 bisa ga?

  7. Kaka said

    mas kalu pake nero 10 gimana? lagian takut salah tolong dong kirim tutorialnya ke email aku nyongkaka137@gmail.com… makasih sebelumnya.

  8. terimakasih infonya, tambah satu ilmu lagi,

  9. SPG said

    om klo mau bikin iso pake nero 7 gmn nyah?klo bisa kirim tutornya ke email 🙂 yah
    mozenkcool@gmail.com trim’s

  10. agnes said

    pake nero 8 bisa langusng jadi iso, tinggal di saveas typenya aja di pilih, hehe

  11. pake magicISO lbh mudah….

  12. gede said

    thk infonya, pake alcohol aja…..

  13. jawahir said

    kk tahu caranya rubah file NTSC ke ISO..??

  14. terima kasih banyak, SANGAT MEMBANTU🙂

  15. fredi said

    kalo dari nri ke iso bagai mana mas bisa gak terima kasih………….

  16. pukihh said

    Mantasp……… thanks ya gan…….

  17. bentoxz said

    penerangan yg ok..maksieh boss..moga ilmunya terus nambah..

  18. timothy said

    Tadi saya abis ngopy dvd trus ada tulisan “this disc is not writable please insert a writable disc…”
    padahal saya udah pake nero 9 Tolong sarannya!

  19. Argo Septian said

    Wah makasih banget ya,
    ane jdi bisa bikin tugas makalah, ^_^

  20. syamsul said

    Tulisannya bagus gan ane suka sekali dan ane udah praktekin dan lumayan bisa jalan. Ane coba bikin cd MS Office dan ane coba berhasil tapi ane coba bikin CD Bootable win XP kok gak berhasil apanya yang salah ya??.
    Oh iya gan ane mohon ijinnya tulisannya ane posting ulang di blog ane http://syamarif.blogspot.com karena ane lagi belajar bikin blog dan masih bingung mau nulis apa..dan ane berharap kita bisa bertukar link dan mohon komentarnya di blog baru ane. sekali lagi thaks..

  21. Iemam said

    apabila au memakai NeroSmartStarter yang gk ad versinya gimana ya , gan ..??

  22. krisna said

    coba-coba kaset ps2 jadiin iso pakek alcohol bsa kgx ??

  23. Linad said

    Make POWER ISO Walaupun convertnya agak lama, tapi kualitas nya joss abis. Thanks agan Sukrawan atas infonya

  24. jojo said

    ps2x itukan pake iso . tapi kok eror ya ?

  25. snow said

    Keren Om Thank’s Ilmunya

  26. rbyoct@yahoo.com said

    kalau kita ingin memilih file tertentu gimana ?
    misal kita ingin burn dvd, tetapi file tertentu saja yg kita pilih

  27. Error said

    Wah, terima kasih gan!

  28. Devan said

    Klo buat main emulator ppsspp android bisa

Tinggalkan Balasan

 
