Life is about choice

Do your best or nothing, No change no future, No pain no gain…

Banyak Banget Barang Black Market [BM] di Indonesia

Posted by Niyamabrata pada Agustus 15, 2010

Tahu nggak?! Bahwa barang-barang berupa handphone yang sering kita beli di toko-toko atau distributor tidak resmi 100% barang Black Market (BM). Kita lihat saja dari garansinya, barang BM biasanya hanya bergaransi distributor tidak resmi atau ada juga yang garansi toko. Kalau mau cari barang asli ya harus ke gerai-gerai resmi tempat penjualannya (Distributor Resmi). Daftar gerai-gerai resmi bisa dilihat di website dari barang/handphone yang kita beli. Contoh seperti Nokia di sini, Blackberry di sini, daftar yang lainnya cari aja lagi di internet…Ada juga handset yang di bundle oleh operator-operator seluler di Indonesia. Nah ini dijamin barang asli.

Saran saya sebelum membeli handphone baru, datang aja ke gerai resminya. Di gerai resmi biasanya kita bisa langsung coba-coba tuh handphone. Ada juga yang hanya menyediakan dummy saja untuk di coba dan dilihat. Tapi untuk Nokia di Jakarta kemaren saya liat, bisa dicoba aslinya semua. Mereka menyediakan barang demo. Dan juga harganya harga real di saat itu, jadi bisa jadi lebih murah dari harga barang BM (Itu kalo kita lagi beruntung!)

Oya knapa sich mesti takut ama barang BM? sebenarnya barang BM sama saja dengan barang aslinya, yang bedakan pertama garansinya, trus asesoris bawaannya yang biasanya campur-campur dengan kwalitas yang tentunya nggak jelas.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: