Life is about choice

Do your best or nothing, No change no future, No pain no gain…

Tips yang harus di perhatikan sebelum berbelanja Online

Posted by Niyamabrata pada Desember 12, 2010

Hobby saya memang berbelanja secara online, siapa yang nggak suka, hanya dengan duduk di depan komputer, barang yang kita sukai datang sendiri ke rumah. Kita tidak perlu repot-repot lagi buang-buang waktu untuk berbelanja. Akan tetapi, karena di Indonesia banyak orang susah yang mau hidup enak tanpa kerja keras dan juga banyak orang yang licik maka banyak terjadi penipuan.

Kejadian penipuan sederhana yang dilakukan secara online :

  1. Ada yang udah transfer uang tapi barangnya tidak dikirim
  2. Ada yang udah transfer uang tapi barang yang dikirim tidak sesuai dengan yang diharapkan,
  3. Bahkan ada yang dikasi barang rusak.
  4. Semua udah pernah saya alamai, makanya saya bagi…

Berikut adalah beberapa Tips yang harus di perhatikan sebelum berbelanja Online :

  1. Jika mau membeli barang jangan terburu-buru untuk melakukan pembayaran, selidiki dulu toko atau penjual barang yang mau anda beli. Tindakan tidak sabar biasanya akan mempermudah penipu untuk menipu.
  2. Baca detil keterangan barang yang tertera di gambar seperti: ukuran, jenis bahan, harga, second atau baru, ada cacat/nggak, pre-order atau ready stock.
  3. Kalau khawatir ukurannya nggak pas, jangan malas untuk benar-benar mengukur panjang, lebar, lingkar dada/pinggang, dan sebagainya. Pinjem meteran atau minimal penggaris deh. Rugi banget kan kalau ternyata baju atau sepatu yang sudah dibeli ternyata kekecilan atau kebesaran. Seperti toko offline, sebagian besar toko online tidak menerima pengembalian barang.
  4. Kalau informasi yang ditulis penjual belum lengkap, jangan ragu bertanya untuk menanyakan kondisi detail barang yang ingin kamu beli. Pertanyaan bisa diberikan via SMS, Email, ataupun PM. Check ketersediaan nomor handphone yang dapat dihubungi.
  5. Jangan khawatir “mengganggu” si penjual kalau kamu banyak tanya. Itu hak mu. Dan juga adalah bagian dari pelayanan penjual. Sama seperti halnya jika mau beli barang di toko offline. Di toko online kita tidak tau kualitas barang aslinya seperti apa, jadi kita harus menanyakan sedetil-detilnya kondisi barang kepada sang penjual.
  6. Pintar-pintarlah memilih toko online yang terpercaya. Cek track record si penjual dengan cara membaca comment-comment yang masuk ke photo-comment atau wall. Bisa aja sih comment-comment yang mungkin negatif sudah dihapus. Tapi pengecekan ini tetap berguna untuk tahu gimana mekanisme pembelian barang yang diberlakukan si penjual.
  7. Carilah penjual yang memiliki situs sendiri, Situs Online Shop yang memiliki domain name sendiri, memiliki kreadibilitas yang lebih tinggi dibandingkan Online Shop yang hanya menjajakan barangnya lewat Facebook atau Friendster. Karena dengan adanya situs pribadi bisa dipastikan 90% Online Shop tersebut adalah penjual asli yang professional, Situs Online Shop dapat melambangkan keseriusan mereka dalam mengembangkan bisnis online shop.
  8. Jika anda berbelanja di Kaskus atau Forum Jual Beli yang lain, pastikan sebelum transaksi meminta KTP, pastikan juga KTP-nya valid karena banyak KTP palsu dengan mudah dibuat secara digital,
  9. Pastikan juga rekening yang digunakan untuk mentransfer pembayaran sesuai dengan nama yang tertera di KTP-nya, karena banyak kasus penipuan dengan menggunakan rekening orang lain yang di dapat dari internet (seperti rekening-rekening toko online yang sah). Penipu akan menyuruh kita untuk mentransfer ke rekening toko online yang sah kemudian dia akan mengambil atau membeli barang dengan uang tersebut.

Beberapa hal yang dilakukan sang penipu untuk meyakinkan korbannya :

  1. Berusaha meyakinkan calon korbannya dengan berbagai cara seperti menggunakan KTP palsu yang sudah di-edit dengan photoshop,
  2. Berusaha menunjukkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa sang penipu adalah penjual yang qualified, dengan cara menunjukkan account (seperti account kaskus) punya orang lain,
  3. Berusaha meyakinkan sang korban dengan menggunakan temannya (penipu kedua), yang merekomendasikan si penipu bahwa dia memang penjual yang qualified,
  4. Memberikan harga yang jeuh lebih murah, harga tidak wajar.

sumber: dari berbagai sumber

Satu Tanggapan to “Tips yang harus di perhatikan sebelum berbelanja Online”

  1. theofirman said

    malem juragan, mohon ijin sharing tulisan juragan ke akun facebook saya…
    trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: