Life is about choice

Do your best or nothing, No change no future, No pain no gain…

Inilah Lelaki & Wanita…

Posted by Niyamabrata pada September 7, 2012

INILAH LELAKI!
Salah satu kesalahan besar yang dilakukan istri adalah bahwa dia berbicara dengan suaminya dengan cara yang ditolak laki-laki secara internal dan seakan mengurangi haknya. Laki-laki memiliki pemahaman khusus tentang diri dan kejantanan. Dia menemukan kejantanannya dalam kecakapan, independensi, kepemimpinan dan penentu berbagai keputusan. Tuhan telah memberikannya sifat kepemimpinan sehingga menjadi nahkoda kapal. Oleh karena itu, laki-laki selalu condong pada kekuatan, kecakapan, efektivitas, penyelesaian, dan menolak tingkah laku yang tidak menghormati sifat-sifat tersebut.

Ketika seorang istri tidak tahu atau acuh tak acuh terhadap tabiat tersebut dan memperlakukan suaminya dengan cara yang tidak menjaga sifat-sifatnya, seperti mendekte suami apa-apa yang harus dilakukan atau dengan berkata: “Tidak seharusnya kau berbuat seperti itu”, atau, “Menurutku tidak baik kau berbuat itu di sini”, maka sang suami akan merasa istrinya tidak mempercayai dirinya atau kemampuannya untuk memimpin kehidupan mereka berdua. Artinya bahwa, ketika seorang istri mengerti bagaimana pola interaksi yang baik dengan suaminya, dia akan berupaya meyakinkan suaminya bahwa dia selalu percaya kepadanya dan kemampuannya dalam mengatur berbagai perkara dan mengahadapi berbagai kesulitan hidup, dia akan membahagiakan suaminya serta mendorongnya untuk menghormati dan mencintainya. Barangkali para wanita tidak menyadari bahwa “suami bisa menjadi tawanan sihir istri yang dia merasakan kelelakiannya bersamanya, dan yang mendorongnya untuk memimpin dan menguasai”.
Perkataan saya jangan lantas dipahami bahwa saya menuntut istri untuk memainkan peran negative dalam kehidupan rumah tanngga atau untuk tidak memberikan nasihat pada suami dan berdiskusi dengannya, tidak sama sekali. Sebab, pondasi rumah tangga bahagia adalah dialog dan saling menghormati antara suami-istri. Yang saya maksud di sini adalah bahwa tabiat dan fitrah laki-laki yang dianugrahkan Tuhan adalah kecondongan pada kepemimpinan dan penguasaan. Istri yang cerdas akan mengetahui hal itu dan berusaha menghindari kata-kata yang menampakkan kesan-kesan negative bahwa dia tidak menghormati sifat-sifat tersebut. Dia harus membungkus nasihatnya dengan kemasan yang menjaga sifat kepemimpinan laki-laki, dan menggunakan ungkapan-ungkapan ‘dorongan’ bukan ‘arahan’.
Seperti berkata pada suami: “Aku percaya, kau bisa lebih baik”, sebagai ganti dari: “Ini tidak baik”.
“Kamu terlalu membebani diri dengan bekerja, semoga Tuhan menolongmu, cobalah sedikit beristirahat”, sebagai ganti dari: “Kerja, kerja, dan kerja, cobalah menoleh kepadaku sedikit”.
Beberapa ucapan negative yang sering menyakiti suami: “Kau seharusnya berbuat seperti ini”, atau “Bagaimana kau membiarkannya mengatakan itu padamu”. “Kau harus mengubah cara itu”, atau “Perhatikan penampilanmu, itu tidak rapi”.
Dan ungkapan yang paling kasar dan paling menyakitkan adalah: “Cara yang kau pakai itu tidak akan berhasil”.
Perkataan istri bahwa suaminya gagal meski diungkapkan dengan bercanda adalah penghinaan yang tidak mudah dilupakan suami.

Akhirnya, wahai istri yang baik, anda harus tahu bahwa cara paling mudah untuk membuat masalah dengan suami anda adalah dengan melemparkan kepadanya kritikan yang menyakitkan. Secara sederhana ini berarti seakan anda memberitahu bahwa dia tidak pantas membuat keputusan-keputusan serta menentukan nasib kalian berdua.

INILAH WANITA!
Setelah kita mengenal tabiat laki-laki yang bersandar pada kepemimpinan, marilah kita bersama berkenalan dengan tabiat mahluk yang lemah-lembut ini.

Kaum wanita ibarat botol kaca yang mudah pecah. Kita, kaum laki-laki, sebagai mahluk kasar dank eras, ketika berinteraksi dengan botol kaca yang mudah pecah, kita dipaksa menjadi lembut dan mengubah tabiat kita agar botol tersebut tidak pecah dan kita akan merasa rugi.

Kaum wanita menilai cinta, keindahan dan jiwa dengan perasaan. Tabiat wanita juga romantic, dia selalu mencari telinga yang siap mendengarnya, hati yang bisa memahami dan bisa menampung perasaannya, juga tangan yang bisa mendidik dan menunjukinya.

Wahai suami yang baik, wanita membutuhkan orang yang memahaminya, sebelum membutuhkan orang yang memahamkannya. Wanita selalu membutuhkan orang yang mendengarnya sebelum membutuhkan orang yang menuntunnya. Wanita juga menginginkan orang yang bisa membuatnya tentram, bukan orang yang memainkan peran pembimbing dan penuntun.
Wahai suami yang baik, anda harus tahu bahwa istri anda berbeda tabiat dan prilaku dengan anda, seperti perbedaan pada cara berbicara dan cara pandang terhadap segala hal.

Ketika wanita bercerita mengenai perjalinan hubungan social, dia menginginkan agar suaminya mau mendengarkannya disaat dia berusaha mengeluarkan apa yang ada di dalam hatinya dengan mengharap dari suaminya dukungan psikologis dan keterlibatan emosional.
Suami yang romantic dalam pandangan wanita adalah pendengar yang baik, dan pemilik hati yang bisa menampung mimpi-mimpinya.
Secara umum, manusia akan bahagia ketika merasa ada orang yang memahami perasaannya. Maka menurut anda, bagaimana jika orang tersebut adalah teman hidupnya dan orang yang paling dekat dengannya.

Ketahuilah wahai suami yang baik, bahwa wanita paling senang untuk mengungkapkan perasaannya. Adalah kesalahan besar jika anda mendiamkannya-dengan sangkaan bahwa anda sedang menolongnya-dan memberikan jalan keluar, sedang dia tidak memerlukannya.

Dari sini kita bisa mengetahui dua kesalahan fatal yang sering kita lakukan dalam kehidupan rumah tangga, yaitu:
1. Seorang istri berusaha mengubah prilaku suaminya, dan ketika suaminya melakukan suatu kesalahan, dia memposisikan diri sebagai pengkritik dan mencoba memperbaiki kesalahan tersebut tanpa diminta oleh suaminya.
2. Seorang suami berusaha mengubah perasaan istrinya ketika dia berada dalam kesusahan.

Dikutip dari Buku “Valentine Abadi” karangan Karim asy-Syadzily. Penerbit Arfani Press. Maret 2008

Satu Tanggapan to “Inilah Lelaki & Wanita…”

  1. kirey124 said

    lucu bgt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: