Life is about choice

Do your best or nothing, No change no future, No pain no gain…

Contoh Pidato (Indonesia – English)

Posted by Niyamabrata pada September 12, 2012

Tanggung Jawab Seorang Pemimpin

Yang terhormat Ketua Presentasi
Yang saya hormati Pembawa Acara
Yang saya hormati Para Pembicara
Dan hadirin yang saya cintai
Selamat pagi…

Segala pujian bagi Tuhan yang telah memerintahkan kita untuk membina persaudaraan dan kesatuan. Semoga kita semua diberkati dan diberikan kedamaian.

Selanjutnya saya berterima kasih kepada saudara pembawa acara yang telah memberikan saya kesempatan sehingga saya bisa berdiri di depan saudara untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul : “TANGGUNG JAWAB SEORANG PEMIMPIN”

Tuhan telah menetapkan untuk memuliakan sebagian orang dan menghinakan sebagiannya, menjadikan sebagai pemimpin dan sebagian menjadi yang dipimpin, sebagian menjadi pemuka dan sebagian menjadi orang awam. Kepemimpinan adalah amanat dari Tuhan yang akan dimintai pertanggungjawabannya di hari kiamat nanti. Barangsiapa yang menunaikannya dengan baik, maka Tuhan akan mengajarinya dengan kebaikan, sebaliknya siapa yang berkhianat, maka Tuhan akan membalasnya dengan kejahatan pula. Orang-orang yang tidak amanat dalam kepemimpinan adalah tidak ideal memegang kepemimpinan. Tuhan telah menyindir orang yang memegang kekuasaan, namun kekuasaannya tidaklah mendatangkan manfaat bagi orang lain. Artinya siapa saja yang tak banyak mendatangkan kebaikan dan manfaat bagi orang lain jika menduduki kepemimpinan, maka ia tak layak menduduki jabatan kepemimpinan.

Kepemimpinan bukanlah lahan untuk mencari kekayaan, harta, jabatan, atau ambisi-ambisi duniawi lainnya. Namun kepemimpinan adalah amanat yang akan dimintai pertanggungjawabannya di hari kiamat kelak. Masing-masing diantara kita adalah pemimpin dan masing-masing dimintai pertanggungjawabannya tentang yang dipimpinnya, seorang pejabat Negara adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya, seorang laki-laki adalah pemimpin di rumahnya dan dia akan dimintai pertangungjawaban tentang yang dipimpinnya, dan wanita di rumah suaminya adalah pemimpin yang akan dimintai pertanggungjawaban tentang yang dipimpinnya, dan seorang pembantu adalah pemimpin harta majikannya dan dia akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya. Yang demikian bukan berarti jika ada peluang kepemimpinan lantas kita meninggalkannya, membiarkannya, dan menelantarkan sehingga dipegang oleh orang-orang yang tak berilmu dan menunaikan amanat. Jangan sampai kita menghianati dan tidak menunaikan amanat dengan baik Jangan sampai menyalahgunakan wewenang kekuasaan untuk kepentingan-kepentingan pribadi.

Saudara-saudara sekalian marilah kita sadari bahwa kita semua adalah pemimpin yang akan dimintai pertanggungjawaban kepemimpinannya di akherat kelak.

Ya Tuhan, jadikanlah kami manusia yang tidak rakus terhadap kekuasaan, jabatan, dan kedudukan. Dan jikalah Engkau memberikan kami kekuasaan, maka jadikanlah sebagai sarana kami untuk beramal kebaikan dan mendekatkan diri kepada-Mu. Dan akhirnya, sekian pidato dari saya dan terimakasih banyak.

Responsibility of a Leader

Honorable chairman of this presentation
Respectable master of this ceremony
Respectable speakers
And my loving audience
Good morning…

All praise may be to God who orders us to build brotherhood and unity, forbids to quarrel and disintegration. Hope the blessing and peace of God be upon all of us.

Then, I’d like to say thanks to master of this ceremony, for giving me chance to stand in front of you to deliver a speech with a title: “RESPONSIBILITY OF A LEADER”
God has stated to exalt some people and humiliate some others has raised some people as leaders and some others a common people. Leadership is a trust from God which will be asked its responsibility on the Day of Judgment. Whosever does it well, God will give him reward, on the contrary who betray in leadership, that doesn’t advantage to the others. Whoever doesn’t give virtue advantage to the other while he is to be leader; he has no right to hold it.

Leadership is not the way to seek possession, wealth, and position or other worldly ambitions. Yet it’s a trust which will be asked its responsibility on the Day of Judgment. Any of you is a leader and will be asked of responsibility on what you lead. A governor is a leader and will be asked on what he leads, a man is leader in his house and will be asked on what he leads, a woman is a leader in her husband’s house, and will be asked on what she leads, a servant is a leader on her master’s wealth and will be asked on what she leads. It doesn’t mean when there is a vacancy of leadership we walk away, let is be or neglect it so that it’s held by the unlearnt and can’t be trusted. Do not betray trusts, and do not do it badly. Never use power or position for individual interest.

My brothers, let’s realize that we are all leaders who will be asked on what we lead on the Day of Judgment.

God, let us be in those who are not greedy to a power, or position. And if you give us power, let it be a way to act virtuously, and a way to get closer to you. Finally, it’s enough here and Thank you.

Referensi : Contoh-Contoh Pidato 3 Bahasa, M.Azhar, Absolut, Agustus 2007

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: